Home » , » Operasi Simpatik 2016

Operasi Simpatik 2016

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 02 Maret 2016 | 23.42

Operasi Simpatik 2016 Hidupkan Peran KTL

BANYUWANGI – AWDI Online.com Operasi Simpatik dengan sasaran kendaraan sepeda motor dan mobil digelar serentak mulai 1 Maret 2016. Kegiatan ini akan berlangsung selama 21 hari atau baru berakhir pada 21/3/2016.
Menyambut agenda itu, Selasa (1/3/2016) pagi, digelar apel gabungan Operasi Simpatik 2016 di halaman Mapolres Banyuwangi dengan melibatkan personil dari TNI. Apel besar ini dipimpin sendiri oleh Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama,SIK.
Kegiatan ini merupakan agenda nasional yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Walaupun menggunakan  kata sandi Operasi Simpatik, agenda penertiban kendaraan ini justru 90 persen mengedepankan penindakan.
“Hanya 10 persen pelanggaran yang akan kita berikan teguran. Misalnya, helm tidak dikancingkan, spion tidak terpasang, knalpot brong, lampu tidak nyala diwaktu siang, masih ditoleransi,” terang AKBP Bastoni Purnama.
Kapolres menegaskan, untuk pelanggaran selain itu akan dilakukan penindakkan berupa surat tilang. Para pelanggar bisa mengambil kendaraannya kembali setelah menuntaskan sidang tilang di PN Banyuwangi.
“Mekanisme sudah dikoordinasikan, usai apel pasukan sudah bisa bergerak dititik-titik yang ditentukan,” tambahnya.Selama Operasi Simpatik 2016 ini aparat Kepolisian Resort Banyuwangi bekerja tidak sendiri. Mereka akan didukung penuh POM TNI, Dishub dan Satpol PP.

“Keterlibatan POM TNI untuk memudahkan penanganan ketika ada anggota TNI yang terjaring razia. Satpol PP dilibatkan juga untuk antisipasi jika ada pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar agar ditertibkan. Trotoar adalah fasilitas pejalan kaki, bukan lokasi dagang,” tukas Kapolres.
Selain di kawasan rawan pelanggaran lalulintas, Operasi Simpatik 2016 juga bakal diadakan di sejumlah Pos KTL. Pilihan ini menurut Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Samirin untuk menghidupkan aktivitas Pos KTL sebagai lokasi penertiban lalulintas.“Ada kesan beberapa pos itu mati suri, padahal tidak. justru yang terjadi para pelanggar tertib lalulintas berani melintas di depan Pos KTL. Ini yang hendak kita jalankan, kian mempertegas peran anggota di Pos KTL,”tukasnya.

Apel gabungan ini diikuti 1 pleton POM TNI, 1 pleton TNI AL, 1 pleton TNI AD, 2 kompi polisi, 1 pleton Dishub dan 1 pleton Satpol PP. Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB di Mapolres Banyuwangi. (HUMAS POLRES / Djoni)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger