Home » » Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Membuka Diklat Pengurus Gapoktan PUAP Tahun 2013

Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Membuka Diklat Pengurus Gapoktan PUAP Tahun 2013

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 04 Desember 2013 | 10.04





                                         Foto : kadis Dan Pengurus PUAP Banyuwangi

Banyuwangi, Awdionline.com- Bertempat di Hotel Warata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Banyuwangi Ir. H. Ikrori Hudanto membuka Diklat Pengurus Gapoktan penerima Program PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan) Tahun 2013. Diklat tersebut akan diselenggarakan selama 5 hari mulai tanggal 28 November hingga 02 Desember 2013. Peserta Diklat adalah 32 orang pengurus Gapoktan penerima program PUAP sesuai SK Menteri Pertanian tentang penetapan Gapoktan Penerima BLM PUAP Tahap III tahun anggaran 2013 yang terdiri dari 29 peserta dari Kabupaten Banyuwangi dan 3 peserta berasal dari Kabupaten Buleleng Propinsi Bali Denpasar (3/12/2013).


Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Saat di Konfirmasi Ir. H. Ikrori Hudanto memaparka bahwa Tujuan penyelenggaraan diklat pengurus Gapoktan PUAP adalah untuk meningkatkan kapasitas pengurus Gapoktan dalam berorganisasi dan berusaha tani yang berorientasi pasar dan berdasarkan potensi wilayah, meningkatkan kapasitas pengurus Gapoktan dalam menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan kemampuan manajerial pengurus Gapoktan agar berkompeten untuk memasarkan produk usaha taninya. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kapasitas Gapoktan dalam manajemen keuangan dan non keuangan pada Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang dikelolanya.

Kepala Dinas juga mengharapkan setelah pelaksanaan Diklat harus ada peningkatan keterampilan, wawasan serta perubahan perilaku terutama mengenai manajemen keuangan oleh pengurus Gapoktan. Menurut Kadis terdapat 3 hal yang harus diterapkan oleh Gapoktan untuk bisa sukses diantaranya membentuk organisasi yang sehat, usaha yang sehat serta sehat administrasi. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan input SDM pertanian berkualitas dalam organisasi Gapoktan sehingga mampu mengembangkan dana program PUAP menjadi permodalan yang tangguh. “Tegasnya Kadis. (Din Awdi)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger