Home » , » Pemkab Melalui BPBD” Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Puting Beliung Tercukupi

Pemkab Melalui BPBD” Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Puting Beliung Tercukupi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 03 Februari 2014 | 12.00

Awdionline.com Banyuwangi – Bencana yang melanda Desa Yosomulyo kemarin sore, Rabu 24 Januari, langsung direspon cepat oleh Pemkab Banyuwangi. Selain menerjunkan ratusan relawan, Pemkab pun memastikan kebutuhan dasar masyarakat terdampak terpenuhi.
Ini disampaikan Sekretaris Kabupaten, Slamet Kariyono, saat mengunjungi lokasi yang terkena bencana angin puting beliung. Bantuan yang telah disalurkan ke masyarakat antara lain makanan siap saji, makanan gizi tambahan, lauk pauk, air mineral, family kits dan selimut.

“Mulai tadi malam sebanyak 300-an relawan gabungan dari TNI Polri serta dari masyarakat dan ormas bahu membahu untuk membenahi rumah dan sejumlah fasilitas umum (fasum) yang terkena angin,” jelas Sekkab Slamet. Selain itu, imbuh Slamet, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendirikan sejumlah posko. Di antaranya posko aju sebagai pusat informasi yang ada di Balai Desa Yosomulyo, posko dapur umum, posko psikologi dan medis di Desa Sidorejo Wetan.

Desa Sidorejo Wetan dijadikan pusat aktivitas kegiatan pemulihan pasca bencana karena desa ini merupakan lokasi terdampak bencana paling parah. Di desa ini terdapat musholla yang dijadikan tempat mengungsi 5 KK yang terdampak. Terkait kerusakan fisik, pemkab pun telah menurunkan tim dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk menghitung kerugian yang terjadi. "Semua kerusakan tengah kami hitung. Nantinya akan kami kaji, mana yang harus yang ditangani oleh pemkab. Pemkab pun siap menggunakan dana tidak terduga dari APBD kalau memang dirasa perlu dilakukan," terang Sekkab.

Prioritas perbaikan fisik, kata Sekkab, akan dilakukan pada beberapa gedung sekolah yang rusak. Sementara untuk rumah-rumah yang rusak ringan diperbaiki dengan swadaya masyarakat dibantu para relawan. “Dari tinjau lokasi ini, saya bangga betapa guyubnya warga Banyuwangi. Saya melihat sendiri bagaimana masyarakat gotong royong membantu warga yang rumahnya rusak. Bahkan di SD Yosomulyo 4, siswa SD-nya tetap masuk hanya untuk kerja bakti membersihkan lingkungan sekolahnya,” kata Slamet dengan terharu. Ditambahkan Kepala Pelaksana BPBD, Kusiyadi, mengantisipasi bencana angin yang kemungkinan terjadi, pihaknya telah meminta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) memotong pohon besar di pinggir jalan yang sekiranya rapuh.

“Pohon-pohon yang sekiranya membahayakan telah dipotong DKP bersama warga,” kata Kusiyadi. Seperti diketahui, angin puting beliung melanda 4 dusun dari 2 desa pada pukul 16.00 WIB kemarin. Yakni di Dusun Sidomukti, Dusun Sidorejo Wetan dan Dusun Sidorejo Kulon. Ketiganya berada di Desa Yosomulyo. Sisanya ada di Dusun Bulusari, Desa Jajag. Akibat kejadian tersebut, tercatat 95 bangunan yang rusak ringan dan rusak berat. Bangunan fisik yang rusak terdiri dari 2 bangunan SD, 1 vihara, 1 mushola, dan sisanya adalah rumah warga. Angin yang menerjang Yosomulyo tersebut, juga menumbangkan sejumlah pohon berukuran besar dan sedang, serta menyebabkan terputusnya kabel listrik dan telepon. (Din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger