Home » , » PROLANIS KLINIK NAYAKA HUSADA 15 KRIKILAN DRIYOREJO

PROLANIS KLINIK NAYAKA HUSADA 15 KRIKILAN DRIYOREJO

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 20 April 2015 | 12.06

PROLANIS KLINIK NAYAKA HUSADA 15 KRIKILAN DRIYOREJO

Kegiatan senam PROLANIS Klinik  Nayaka Husada 15 di balai desa Krikilan  beserta keluarga
Gresik, AWDI online.com – Klinik Nayaka 15 Krikilan Driyorejo, untuk melayani pasien peserta penyakit kronis BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) mempunyai program PROLANIS (Program Pengelolahan Penyakit Kronis) program ini juga dinamakan program rujuk balik, adapun penyakit yang termasuk katagori kronis adalah Diabetes Mellitus,Hipertensi, Jantung, Asma, Epilepsi dan penyakit kronis lain.
Hingga Oktober 2014, peserta program Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) yang diselenggarakan oleh BPJS  Kesehatan sudah mencapai 130 juta jiwa, padahal target semula di tahun pertama pelaksanaan JKN hanya 121.6 juta jiwa.
Kepala group Management pelaksanaan kesehatan rujukan BPJS Kesehatan, Muhammad Edison menyatakan lonjakan peserta ini juga memungkinkan terjadinya lonjakan peserta penyakit kronis atau tidak menular termasuk Diabetes Millitus ( DM ) yang harus ditangani oleh BPJS Kesehatan. “Terjadinya lonjakan peserta BPJS Kesehatan ini tanpa diketahui status kesehatannya tetapi kemungkinan juga menjadi lonjakan peserta dengan penyakit DM yang membutuhkan biaya besar sementara instainabilitas program JKN harus di jaga,” kata Muhammad Edison.
Untuk itu dibutuhkan sebuah program untuk menjaga peserta sehat tetap sehat dan peserta sakit tidak bertambah parah melalui konsep promotif dan preventif, program yang sudah di kembangkan BPJS adalah program pengelolahan penyakit kronis ( prolanis ). Prolanis yang dikembangkan khusus untuk peserta BPJS Kesehatan yang menyandang Diabetes Millitus (PPDM) dan Hipertensi (PPHT).
Pilar pilar Prolanis diantaranya adalah Edukasi, pengaturan pola makan, olah raga, minum obat, dan konsultasi pada dokter. Kegiatan yang saat ini yang sudah di kembangkan seperti melalui aktivitas fisik bersama, menyediakan program Prolanis Corner, program prolanis ini sudah berjalan di klinik Nayaka 15 Krikilan Driyorejo Gresik.
Program Prolanis klinik Nayaka Husada 15 Krikilan Driyorejo, minggu ( 19/04 ) staff klinik Nayaka Husada 15 Krikilan, Hermanik menuturkan pada wartawan AWDI online.com  di kegiatan senam Prolanis di lokasi balai desa Krikilan Driyorejo  bahwa klinik Nayaka Husada 15 Krikilan sudah melaksanakan program prolanis yang di tetapkan dari pusat. Dengan anggaran dana satu juta dalam setiap kegiatannya melaksanakan program seperti senam prolanis ini dilaksanakan sebelum ada pengecekan tensi darah, pengecekan gula darah. Di sesi lain juga anggota komunitas Diabetes Millitus dan Hipetensi di berikan pengarahan, edukasi tentang menjaga pola makan, pemeriksaan rutin, dan pengobatan.
Dengan harapan setiap peserta BPJS yang menyandang sakit kronis Diabetes Millitus dan Hipertensi supaya segera bergabung ke masing masing klinik yang di tunjuk demi kesehatan peserta sendiri, seperti komunitas Prolanis Nayaka Husada 15 Krikilan sudah beranggotakan 40 an peserta prolanis mengadakan kegiatan program sudah berjalan, salam sehat. (Bbh)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger