Home » » Sebanyak 7.500 Sertifikat Tanah PRONA akan diberikan Oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak Tahun 2013

Sebanyak 7.500 Sertifikat Tanah PRONA akan diberikan Oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak Tahun 2013

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 22 Mei 2013 | 10.24

Lebak, AwdiOnline.com - Ribuan warga masyarakat akan mendapatkan Sertifikat Tanah PRONA dengan cara Cuma - cuma bagi masyarakat kurang mampu, legalisasi asset sehingga Pemerintah memprogramkan  Sertifikat Tanah PRONA tahun Anggaran 2013. Dengan di realisasikannya Usulan dari berbagai Desa untuk mendapatkan Program PRONA. Sehingga Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten  nomor 01/KEP-36/II/2013 tanggal 15 Februari 2013 Tentang Penunjukan Desa sebanyak 31 Desa dan 15 Kecamatan seKabupaten Lebak Provinsi Banten.

    Sertifikat Tanah PRONA pada kegiatan percepatan pelaksana Pendaftaran Tanah PRONA kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten Tahun Anggaran 2013.
Pensertifikatan tanah melalui proses Legalisasi asset. Adapun biayah ditanggung oleh Pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2013. Yang dibiayai iya itu Penyuluhan, Pengumpulan Data Yuridis yang dilakukan satgas kantor Pertanahan, pengukuran bidang tanah, Panitia Pemeriksaan tanah, pengumuman/pengesahan, SK Hak ataupun Penetapan Pengakuan Hak, dan Penerbitan penyerahan Sertifikat Tanahnya.

Sehingga kami dari Kantor Pertanahan maupun pihak aparat Pertanahan tidak diperkenankan untuk memungut ataupun menerima biaya dari pihak manapun.

    Kami berharap kepada masyarakat yang mendapatkan PRONA tolong kelengkapan persyaratan dibereskan, sebab kelengkapan persyaratan permohonan adalah merupakan kewajiban dan tanggung jawab para pemohon, karena persaratan kesemuanya kami serakan kepada pihak pemohon.

    Jadi yang harus dilengkapi 1. Bukti perolehan hak tanah berupa Jual beli, Tukar Menukar atau Waris, akibat peralihan tersebut berupa pengadministrasian oleh Lembaga ataupun  Badan yang berwenang, yang mementingkan biaya, Pajak PPH bagi yang mengalikan hak atas tanahnya, dan BPHTB bagi yang memperoleh tanahnya, Surat Keterangan, kesemua persaratan tersebut memerlukan Biaya materai sebagai tanda legalnya suatu bentuk surat, semua Biaya-biaya yang timbul sebagaimana dimaksut dalam kelengkapan persaratan merupakan kewajiban bagi Pemohon/ peserta untuk memenuhi kewajibannya. Himbau Ir H. Iyus Sudarso.

    Menurut pegawai BPN lebak, Indra Fernando, kami sudah melayang surat kepada Kapolres Lebak, ke Jaksaan Negri Rangkasbitung, sekaligus Ke Bupati Lebak tentang adanya PRONA di Wilayah kabupaten Lebak Sebanyak 7500 Buku, Jadi kalau Gratis yang dihimbau himbau oleh oknum dari manapun. Kami kesemuanya tidak mengatakan Gratis. Ujar Indra.

    Ditempat terpisa menurut Kades Wantisari Rahmat. yang kebetulan mendapatkan Program Prona tahun ini,  Menurutnya betul Desa kami tahun ini mendapatkan 565 buku Sertifikat Prona tahun 2013 ini, itu belum menjadi buku, kami juga baru memberitahu kan kepada warga yang kebetulan terdaptar, untuk itu kami memberitahukan kewarga segera mengurus persaratan yang di butuhkan demi kelengkapan persaratan, seperti Bukti perolehan hak tanah berupa Surat Jual Beli, SPPT, Surat Tidak Sengketa dan, atau tanah Hiba, Pajak PPH Bagi yang mengalikan hak katas tanahnya dan BPHTB bagi yang memperoleh tanahnya, kesemuanya itu memerlukan biaya, itu semua harus diurus oleh masyarakat, kalau kami sebetulnya tinggal terima persaratan saja, kalau persaratan semua sudah beres kami baru akan membawah ke BPN Lebak agar proses untuk pembuatan Sertifikat Prona,semua persaratan yang wajib bagi pemohon untuk membiayai (Surat Keterangan) dari suatu Lembaga Pemerintah atau pun lainnya, penerbitan surat tersebut semua itu memerlukan Biaya yang diatur dan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku di desa masing-masing, jadi demi kelancaran untuk pembuatan Sertifikat Prona, kelengkapan persyaratan merupakan kewajiban bagi Pemohon,“jadi kalau kami di isukan memungut biaya dari warga itu semua tidak benar.” ujar H. Rahmat Kades Wantisari. Dengan nada kesal. (ANWAR)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger