Home » » Ramadhan Membawa Berkah Para petani bawang Merah di Kab. Nganjuk mengalami peningkatan hasil Panen

Ramadhan Membawa Berkah Para petani bawang Merah di Kab. Nganjuk mengalami peningkatan hasil Panen

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 04 Agustus 2013 | 09.07

Awdi online,Nganjuk – (04/08/13) Kabupaten Nganjuk adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Nganjuk juga dikenal dengan julukan Kota Angin. Kabupaten yang di pimpin oleh Bupati Nganjuk Taufikurahman dan Wakil Bupati Nganjuk Abdul Wahid Badrus ini Mayoritas penduduk nya memeluk agama Islam dengan jumlah hampir 99%, dan sisanya menganut agama Kristen, Hindu, Budha, Khonghucu.

Hasil pertanian Kabupaten Nganjuk yang berpotensi sangat besar adalah bawang merah, hampir di seluruh kecamatan di kabupaten Nganjuk (14 kecamatan ndari 20 kecamatan) menjadi sentra pengahasil bawang merah yang berpusat di kecamatan sukomoro, bagor, Rejoso, Gondang . Pada bulan maret 2013 Sejumlah sentra pertanian bawang merah di Kabupaten Nganjuk mengalami penurunan produksi akibat musim hujan yang mendera. Hal ini memicu seretnya pasokan ke pasar tradisional hingga memicu lonjakan harga.

Juru bicara Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Abdul Wahid, mengatakan, kondisi pertanian bawang
merah di wilayahnya mengalami kehancuran selama musim penghujan ini. Banyak petani bawang yang tak bisa memanen karena lahannya terendam air. "Panenan musim ini memang rusak," katanya pada awak media Menurut Wahid, ada tiga titik di Kabupaten Nganjuk yang menjadi sentra bawang merah. Yaitu di Kecamatan Sukomoro, Bagor, dan Gondang. Ketiga lokasi itu tak mampu memenuhi kebutuhan bawang merah yang selama ini menjadi ikon komoditas Kabupaten Nganjuk. Namun di bulan Ramadhan ini tampaknya hasil panen bawang merah akan sangat baik dari bulan sebelumnya.

Ditiap kecamatan di kabupaten nganjuk awdi online memantau para petani mengalami peningkatan hasil panen bawang merah. Di pasar bawang merah tersendiri seperti pasar sukomoro para pedagang mengalami peningkatan pasokan bawang. “ mungkin habis lebaran kita akan banyak stok bawang merah, karena panen bulan ini cukup baik dari sebelumnya” kata pak Retno salah satu pedagang bawang merah.
 Berikut daftar harga bawang Merah di pasar Sukomoro Kabupaten Nganjuk:
- Super = Rp 30.000/Kg
- Tanggung = Rp 23-25.500/Kg
- Sedang= Rp 19.000/kg
- Kecil=Rp 14.000/kg

Reporter : Faisal 6444.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger