Home » » SAAT LIBURAN LEBARAN “ AIR TERJUN SEDUDO” KAB. NGANJUK DI MINATI MASYARAKAT LOKAL DAN PENGUNJUNG DARI JAKARTA

SAAT LIBURAN LEBARAN “ AIR TERJUN SEDUDO” KAB. NGANJUK DI MINATI MASYARAKAT LOKAL DAN PENGUNJUNG DARI JAKARTA

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 09 Agustus 2013 | 22.07

Awdi Online, Nganjuk – (9/8/2013) Air terjun sedudo merupakan salah satu dari 10 air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 105 M. Air terjun sedudo berasal dari proses alam denga n sumber mata air dari gunung Wilis (2.552 M). Denga kecepatan luncur 41-15 (debet/liter) 10-15 (kecepatan liter/detik). Terletak di desa Ngeliman, Kecamatan Sawahan, Kab. Nganjuk Jawa Timur, berada di ketinggian 1.438 M dari permukaan laut, kurang lebih 30 KM dari kota Nganjuk.

Pemandangan air terjun yang begitu elok, ditambah lagi pemandangan panorama pegunungan Wilis yang masih alami dan hawanya yang sangat sejuk membuat kawasan sedudo ini sangat menarik pengunjung.

Para pengunjung yang datang kebanyakan adalah masyarakat Kab.Nganjuk yang sedang menikmati waktu liburan lebaran, karena tempatnya yang sejuk juga murah. Dari pantauan awdi online sekitar 500 pengunjuk sudah memadati area sedudo. Terlihat dari antrian di loket pintu masuk juga lokasi air terjun itu.

“ kami selalu memantau cuaca di sini kalau hujan lebat langsung kami tutup, untuk mengantisipasi bilamana terjadi air bah yang datang, juga antisipasi longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Makanya kita siagakan petugas dari kepolisian, TNI, dan petugas medis yang selalu sigap “ kata pak edi petugas yang sedang memonitor di lokasi air terjun dengan HT (handy Talky).


Sedangkan Lies Nurhayati, SH. M. Si kepala dinas kebudayaan dan parawisata kabupaten Nganjuk jawa timur saat berkomentar soal air terjun sedudo beliau mengatakan “ Alhamdulillah, daya tarik wisata air terjun sedudo Kab. Nganjuk yang posisinya sangat strategis didukung oleh potensi sumber daya alam, sejarah dan wisata alamnya” katanya kepada awak media.

Kawasan air terjun sedudo juga setiap tahunnya selalu mengadakan upacara siraman sedudo/mandi bersama setiap bulan suro yang di ikuti 6 penari yang masih perawan dan berambut panjang sebagai syarat proses siraman sedudo yang di percaya bisa membawa berkah, keselamatan, pangkat dan awet muda.

Reporter : Faisal 6444
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger