Home » » Pelantikan DPC AWDI Banyuwangi berlangsung meriah dan sukses

Pelantikan DPC AWDI Banyuwangi berlangsung meriah dan sukses

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 02 September 2013 | 13.20


www.awdionline.com | Banyuwangi, JATIM – Diselenggarakan acara Pelantikan DPC AWDI (Dewan Pengurus Cabang Aosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia) yang dilaksanakan Minggu 25/8/13 di hotel Surya News Jajag Kecamatan Gambiran berlangsung cukup meriah dan sukses. Acara yang dihadiri oleh Muspika setempat para Camat dan beberapa Kepala Dinas Kabupaten Banyuwangi, untuk mengenal lebih jauh tentang arti jurnalistik/wartawan dalam melakukan peliputan untuk mencari bahan berita saat investigasi dan wawancara terhadap warga masyarakat serta pejabat publik.

Untuk itu, maraknya issu miring atas keberadaan wartawan bodrek hingga wartawan yang tidak memiliki media hanya ID Card Cuma sekedar dibuat gantungan saja sengaja dikumpulkan yang melibatkan banyak pihak yang terangkum dalam acara pelantikan DPC yang ada di Banyuwangi ini. “Tujuannya, supaya jangan sampai terjadi lagi atas isu miring seperti yang sering terjadi”. Hal ini disampaikan langsung oleh OK Syahyan Ketua Umum DPP AWDI pusat Jakarta saat memberikan kritik tajam terhadap semua tamu yang hadir khususnya para kuli tinta dari beberapa awak media elektronik, online, mingguan, tabloid dan harian.

Masih kata Ok Syahyan, yang berdarah melayu, menegaskan supaya wartawan jangan sampai liar, artinya betul-betul profisional dalam melakukan kegiatan jurnalistik. Wartawan harus mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999, “semuanya sudah komplit dan jelas sekali. Sepanjang tidak menyimpang dari koridor Undang-Undang yang sudah di-Undangkan tersebut maka semua itu sudah bukan menjadi wewenang dari kami selaku wadah asosiasi AWDI. Untuk itu wartawan jangan sampai takut tajamkan tinta kalian ! Berkaryalah, tunjukan karyamu sebagai sosial kontrol yang baik dan yang bermartabat dalam mengawal kebenaran serta keadilan. “Papar OK Syahyan.

Hal senada juga disampaikan Budi Wahyudin, pria asal Jakarta selaku Kalisbang AWDI pusat menghimbau terhadap semua para wartawan yang hadiri di acara pelantikan tersebut, “ayo bersatu padu jangan sampai kita terpecah belah dalam mempertahankan republik tercinta ini dari para perusak dan penghancur dari beberapa lini. Oleh karenanya, saya dan AWDI mengajak semua rekan teman seprofesi yang tergabung dari para wartawan, ayo bersama-sama merapatkan barisan untuk berantas kemungkaran dan mengawal kebenaran. “kata Budi.

Lebih jauh Budi berharap, Acara pelantikan DPC AWDI di Banyuwangi ini adalah kali pertama dilakukan, sekaligus sebagai barometer wadahnya para wartawan yang ada di pulau Jawa paling ujung timur ini. Mudah-mudahan untuk daerah lain seperti Jember, Lumajang, Bondowoso, Probolinggo dan lain sebagainya para pelaku kuli tinta cepat segera gergabung di wadah AWDI seperti acara pelantikan seperti sekarang ini.

Acara tersebut mendapatkan acungan jempol dari AKP Ibnu Mas’ud SH, Kapolsek Gambiran yang juga hadir mulai awal atas diselenggarakanya pelantikan sekaligus sangat mendukung apresiasi. “Sebagai seorang wartawan harus betul-betul profisional dalam melaksanakan tugas mulia itu untuk menyampaikan kawalan temuan sebuah persoalan kasus yang dituangkan melalui tulisan dan gambar sebagai kontrol sosial yang seimbang. Jangan sampai terjadi hingga berujung mengadili atau ber-opini, ”tegas Abah Ibnu, kapolsek Gambiran.

Sementara itu, H Rianto, ketua DPC AWDI Banyuwangi yang didampingi panitia penyelenggara dan seluruh anggota saat dikonfirmasi Plat Merah Online, pihaknya sangat senang sekali atas kehadiran tamu undangan dan para pejabat terkait yang langsung terlibat dalam acara pelantikan AWDI yang di laksanakan pada hari ini tepatnya di Hotel Surya News.

”Saya bangga sekali, karena selama ini para wartawan dari berbagai media yang ada di Kabupaten Banyuwangi tujuh puluh lima persennya belum ada wadah dari Dewan Pers. Untuk itu kami tidak bermaksud untuk berdiri sendiri, akan tetapi mengajak kepada semua teman sesama jurnalis mempersatukan diri serta bergotong-royong membangun citra yang baik dengan karya-karaya tulisan setiap mengawal keadilan dan kebenaran, ”Tandas Priya berkumis asal Solo, Jateng ini.

Dengan iringan musik tradisional tari ‘jaran goyang’ dan tari ‘jejer gandrung’ yang ditarikan oleh 6 penari yang pernah mewakili ke luar negeri ini, cukup memukau suasana riang gembira yang diselenggarakan oleh wartawan Banyuwangi. Acara tersebut juga dimeriahkan musik kendang kempul yang sengaja menampilkan artis papan atas, Suliyana dan Richardo Benito asal Belanda yang sangat terkenal melantunkan lagu-lagu kendang kempul.

Pesan penting yang tersirat dalam acara tersebut yakni, bahwa AWDI memiliki tujuan untuk mengajak bersatu, bukan memecah-belah. Siapapun dipersilahkan supaya pengayoman terhadap wartawan, bila ada persoalan yang ada di daerah bisa terkafer dan terlindungi. Terus kibarkan karya-karya tulisanmu wahai wartawan runcingkan tintanmu lapisilah dengan kemartabatan dengan nurani yang penuh semangat dengan ketulusan dalam membela yang lemah untuk kontrol melalui karya tulisan, wartawan wajib dilindungi bukan untuk disiksa serta dianiaya. (Imam)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger