Home » » Kapal Caraka Kandas di Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi

Kapal Caraka Kandas di Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Sabtu, 09 November 2013 | 13.41


Banyuwangi, Awdionline.com – Ada –ada Saja Musibah yang di timpa Kapal Caraka Jaya Niaga III-16 yang mengangkut 3.500 metrik/ton semen, Rabu (6/11) pukul 04.00 dinihari kandas di pelabuhan Tanjungwangi. Sedianya, kapal yang berangkat dari Jakarta pada 18 Oktober 2013 lalu, dalam satu dua hari ini akan merapat ke dermaga di pelabuhan Tanjungwangi untuk menurunkan semen itu. Anehnya  diduga ada kebocoroan, akhirnya kapal terendam air langsung kandas.(07/11/2013).

Warga sekitar lokasi kandasnya kapal mengatakan, kapal itu pada Selasa (5/11) sudah menepi dan belum kandas. “Kapal itu jam 9 pagi (Selasa, 5/11) masih belum kandas. Bahkan, sekitar jam 2 siang, kapal masih kondisi normal. Nah, kayaknya pada pukul 4 pagi, ada suara dok begitu, warga langsung keluar, ternyata kapal itu kandas. Tapi, hanya belakangnya yang kandas dan tenggelam,” ujar Umar kepada Tim Awdi, Rabu (6/11) kemarin siang.

Hal itu dibenarkan Administrator Pelabuhan (Adpel) Tanjungwangi, Sri Sukesi. Menurutnya, pada pukul 09.00, ada laporan kalau ada kapal kandas. Setelah dicek di TKP memang benar. Katanya ada kebocoran. Namun setelah diturunkan penyelam dan mencari yang katanya kebocoran tersebut tidak ada hingga semua lubang ditambal. “Tapi, kondisi kapal normal dan tidak ada kebocoran,” ujar Sukesi kepada sejumlah wartawan saat berada di pinggir pantai sekitar lokasi kandasnya kapal tersebut.

Untuk menyelamatkan kapal itu, papar Sukesi, dirinya mengutus tali jangkar, agar bisa dibawa ke pinggir pantai. Sedangkan isinya berupa 3.500 matri/ton semen ukuran 40 kg itu masih di dalam kapal itu. Sedangkan 22 orang ABK-nya diamankan.”Semua ABK-nya selamat,” ungkap wanita berjilbab itu.

Sukesi mengakui kandasnya kapal tersebut tidak mengganggu nelayan dalam mencari ikan di tengah laut. Penempatan kandasnya kapal itu sudah diatur, sehingga tidak mengganggu lalulintas para nelayan untuk mencari ikan. “Jadi, tidak mengganggu alur pelayaran untuk para nelayan,” paparnya. (Tim awdi)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger