Home » » Sampah Di Keruk Belakang Pasar Daerah Benculuk Kerja Sama Dengan Pokmas dan DKP Dinas Kebersihan Banyuwangi

Sampah Di Keruk Belakang Pasar Daerah Benculuk Kerja Sama Dengan Pokmas dan DKP Dinas Kebersihan Banyuwangi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 20 November 2013 | 11.41

Banyuwangi, Awdionline.com - Sudah bertahun-Tahun Tumpukan sampah yang ada di Pasar Daerah Benculuk berbau busuk dan menyengat dan juga mengganggu kesehatan yang ada di Pasar Daerah Benculuk salam itu tidak ada pengerukan, tapi setelah kepala Desa yang baru dan Kerjasama dengan Polmas dan juga DKP Banyuwangi, Saat di lakukan Pengerukan, yang ada di Pasar Daerah Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi
Sampah yang dinilai sangat meresahkan masyarakat selama kurun Puluhan tahun ini, “Akhirnya Pokmas dan DKP saat ini sudah melakukan Pengerukan Sampah yang menumpuk itu, sudah dapat teratasi berkat kegigihan Pokmas (Kelompok Masyarakat) Taruna Mandiri yang dikukuhkan keanggotaanya oleh Kepala Desa Benculuk Isa Idris.

Heri Setyawan Ketua Pokmas Taruna Mandiri kepada Wartawan Awdionline.com mengatakan, keberadaan sampah yang di belakang Pasar Daerah itu, menurutnya sangat diresahkan oleh masyarakat, berbagai upaya telah dilakukan Pokmas guna mengatasinya, baik melalui koordinasi dengan pihak pasar Daerah setempat maupun melalui proposal ke Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi.

" Berbagai upaya telah kita lakukan guna mengatasi masalah ini, baik melalui koordiansi dengam pihak terkait, maupun melalui proposal yang kami ajukan kepada pemerintah daerah " uangkapnya.

Heri selaku ketua Pokmas juga menambahkan pengerukan sampah dilakukan oleh pokmas, berkat bantuan alat berat dan armada pengangkut sampah dari DKP ( Dinas Kebersihan Dan Pertamanan ) Kabupaten Banyuwangi, dan menurutnya itu bukan dari pihak pasar.

" Pengerukan sampah dilakukan oleh pokmas, bukan dari pihak pasar mas, bahkan pihak Pasar Daerah benculuk enggan memberikan Bantuan kepada pokmas, berkat bantuan alat berat dari DKP, pengerukan tumpukan sampah pasar ini bisa dilakukan " jelasnya.

Sukiman, selaku Kepala Pasar Daerah Benculuk, mengakui jika tidak memberikan bantuan kepada pokmas lantaran sampah tersebut menurutnya 80 %nya adalah kiriman sampah dari masyarakat.

" Memang pihak pasar tidak memberikan Bantuan terhadap pokmas, karena sampah itu kiriman sampah dari masyarakat juga mas, selain itu pihak Pasar Daerah Benculuk tidak ada anggaran untuk memberikan Bantuan kepada pokmas " cetusnya saat dikonfirmasi wartawan.

Saat ditanya terkait kontribusi sampah yang didapatkan dari pedagang di area Pasar Daerah Benculuk, Sukiman mengatakan, nilai kontribusi sampah sangat minim, sebulan berkisar Rp 170 ribu.

"Kontribusi dana sampah sangat minim mas, maka dari itu kami tidak bisa memberikan sumbangsih kepada pokmas " jelasnya.

Saat di Konfirmasi (20/11/2013) Kepala Desa Isa Idris Benculuk kepada Wartawan  Awdionline.com mengatakan, berkat dukungan dana swadaya dari masyarakat, sampah pasar yang seharusnya di atasi oleh pihak pasar itu bisa teratasi.


 Selain, bantuan alat berat dari DKP, pengerukan sampah itu juga didukung oleh Dana Swadaya dari masyarakat " jelasnya.
Patut diacungi dua jempol, kegigihan Pokmas Taruna Mandiri dalam merealisasikan harapan masyarakat yang ada di Desa Benculuk.

Karena Semua ini adanya upaya yang telah dilakukan bersama Pemerintah Desa setempat, keberadaan tumpukan sampah Pasar Daerah Benculuk bisa teratasi, meski pihak pasar enggan berkontribusi dengan permasalahan sampah yang selama ini sangat diresahkan masyarakat Desa Benculuk,” paparnya. (Din Awdi)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger