Home » » Mahasiswa Meperingati Hari HIV/AIDS Kabupaten Situbondo

Mahasiswa Meperingati Hari HIV/AIDS Kabupaten Situbondo

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Selasa, 03 Desember 2013 | 12.51

                                         Foto: bagi-bagikan pamphlet di jalan

Situbondo, Awdionline.com – Dalam memperingati hari HIV/AIDS sedunia Tahun 2013, Komisi Pemberantas HIV/AIDS (KPA) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Situbondo, Minggu (1/12/2013)membagi-bagikan ratusan pamflet imbauan tentang bahaya penyakit mematikan tersebut kepada para pengguna jalan yang sedang melintas di Jalan PB Sudirman Situbondo.

Selain itu, dalam momen peringatan HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2013, momen peringatan ini juga dimanfaatkan oleh KPA dan Dinkes Pemkab Situbondo untuk melakukan sosialiasi terhadap sejumlah mahasiswa dan forum anak Kabupaten Situbondo, yakni sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS.

Bahkan, untuk meminimalisir penularan penyakit mematikan tersebut di Situbondo, KPA Situbondo melakukan kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Situbondo, untuk menggelar kegiatan seminar tentang bahaya HIV/AIDS. Kegiatan yang dilaksnakan selama satu hari di Pendopo Kabupaten Situbondo itu pesertanya terdiri dari kalangan mahasiswa dan remaja di Kota Situbondo.

”Kami sengaja memanfaatkan momen peringatan HIV/AIDS sedunia, dengan cara membagi-bagikan pamphlet himbauan dan kegiatan sosialisasi serta seminar tentang bahaya HIV/AIDS, dengan tujuan untuk meminilisir penularan HIV/AIDS di Situbondo,” terang Heryawan, salah seorang konselor HIV/AIDS Dinkes Pemkab Situbondo, Minggu (1/12/2013).

Selain itu, untuk meminimalisir penularan HIV/AIDS di Kabupaten Situbondo, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan semua lintas sektoral di Situbondo, seperti melakukan kerjasama dengan semua ormas Islam dan MUI Situbondo. Sebab, seiring bertambahnya waktu para penderita HIV/AIDS di Situbondo juga bertambah.
”Dalam kurun waktu 2013 saja jumlah warga Situbondo yang terjangkit HIV/AIDS sebanyak 82 orang, sebanyak 20 penderita diantaranya diketahui meninggal dunia. Namun, dari total sebanyak 82 penderita sekitar 60 persen itu berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga (Ibu RT),” imbuh Heryawan.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto meminta agar KPA Situbondo mengatakan, dalam kurun waktu sekitar 9 tahun terakhir ini, yakni sejak tahun 2004 hingga 2013 jumlah total penderita HIV/AIDS di Situbondo sebanyak 315.”Namun untuk meminimalisir penularan HIV/AIDS di Situbondo, kami meminta KPA dan Dinkes Pemkab Situbondo tidak menutup-nutupi data. Sebab, jika KPA dan Dinkes Situbondo menutupi data. Hal itu akan berdampak terhadap penanganan dan pendampingan terhadap penderita itu sendiri,” kata Dadang Wigiarto, usai membuka seminar tentang bahaya HIV/AIDS. (Tim awdi)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger