Home » , » Musrenbangcam 2014, Bupati Azwar Anas,Tekankan Penguatan Koordinasi

Musrenbangcam 2014, Bupati Azwar Anas,Tekankan Penguatan Koordinasi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 17 Februari 2014 | 14.36

Musrenbangcam 2014, Bupati Azwar Anas, Tekankan Penguatan Koordinasi

Banyuwangi Awdionline.Com- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) kembali diselenggarakan. Kali ini Kantor Kecamatan Purwoharjo ketiban sampur menjadi tempat dibukanya Musrenbangcam RKPD tahun 2014 ini.   Sebagaimana diketahui, Musrenbangcam menjadi ajang pertemuan forum masyarakat antara para pemangku kepentingan untuk membahas rencana pembangunan desa yang terintegrasikan dengan rencana pembangunan kabupaten.   Kegiatan ini direncanakan  berlangsung selama 9 hari (14 – 27 Februari 2014)
Ketika membuka kegiatan ini, Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat dan  seluruh stakeholders. Hal itu disebabkan target RPJMD Banyuwangi telah melampaui target yang ditentukan oleh DPRD Banyuwangi. Menjelang 1,5 tahun akhir kepemimpinannya, orang nomor satu di Banyuwangi tersebut meminta agar terus dilakukan akselerasi (percepatan) langkah agar Banyuwangi tidak tertinggal dari kabupaten/kota lainnya. "Kekurangan kita terletak pada lemahnya koordinasi. Padahal, keberhasilan pembangunan ditentukan oleh 2 hal, yakni akurasi perencanaan dan  konsistensi  pelaksanaan terhadap perencanaan tersebut,"tandas  Bupati Azwar Anas.  Karena itu, tuturnya, konsolidasi adalah syarat utama yang diperlukan agar seluruh organ berfungsi dengan baik. Melalui kegiatan ini Bupati juga  berharap  banyak masukan  berharga  yang terakomodir.
Di depan  peserta Musrenbangcam yang terdiri dari SKPD,  para camat, kepala desa, delegasi Musrenbangdes, anggota DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, keterwakilan perempuan dan  kelompok yang termarginalkan,  mantan anggota DPR RI tersebut menekankan beberapa hal. Antara lain, semua SKPD harus memahami 20 konsepsi dasar pembangunan yang disarikan dalam 9 fokus prioritas. "Ini akan menjadi kaki kita untuk mengejar ketertinggalan,"ujar. 
Kesembilan fokus prioritas yang dimaksud adalah 2 fokus prioritas wajib, yaitu peningkatan akses dan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan; 3 fokus prioritas unggulan yakni peningkatan pertanian, pariwisata dan pengembangan UMKM; serta 4 fokus prioritas penunjang, antara lain infrastruktur untuk menunjang layanan dasar, peningkatan ekonomi, pengurangan dampak  sosial dan dampak lingkungan yang harus diantisipasi, serta penguatan birokrasi untuk menggerakkan stakeholders pembangunan daerah.             
Bupati Anas yang dalam kesempatan itu juga didampingi Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko juga menegaskan, bahwasanya di tahun 2015 ada beberapa hal besar yang akan diselesaikan. Antara lain bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan pembangunan beberapa infrastruktur.    "Ada 3 isu krusial bidang pendidikan yang harus dituntaskan di tahun 2015. Antara lain pemberantasan buta huruf dengan Gempita  atau 'Gerakan Masyarakat Pemberantasan Tributa (Baca, Tulis, Hitung); peningkatan mutu pendidikan, sebab ternyata berdasarkan penelitian World Bank selama tahun 2009 - 2011 menyatakan, tunjangan sertifikasi guru  belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mutu pendidikan; dan yang ketiga, penghapusan pungutan di sekolah,"beber Bupati panjang lebar.
Sementara di bidang kesehatan, peningkatan kesehatan ibu dan anak akan diprioritaskan, sama halnya dengan peningkatan hidup bersih dan sehat (PHBS), serta implementasi jaringan kesehatan yang perlu disosialisasikan terus oleh camat dan kades. Bidang pertanian akan dititikberatkan pada upaya perbaikan terhadap menurunnya kesuburan tanah dan kurangnya pupuk di pasaran. Dan yang menarik, untuk pembangunan di bidang infrastruktur, penyandang disabilitas (cacat) dan lansia akan mulai mendapatkan perhatian khusus. Sebab semua pembangunan kantor baru akan diberi fasilitas seperti ram (alat khusus) yang memudahkan bagi mereka untuk mengakses dan mencapai kantor tersebut, bahkan tanpa bantuan orang lain. (Din/Hums)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger