Home » , » Saluran Irigasi Di Yosomulyo Di Rehabilitasi

Saluran Irigasi Di Yosomulyo Di Rehabilitasi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 23 Februari 2014 | 19.35

Masyarakat Petani Merasa Senang, 
Saluran Irigasi Di Yosomulyo Di Rehabilitasi

Pembangunan Saluran irigasi tersier Desa Yosomulyo

Banyuwangi AwdiOnline.Com- Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi Melalui Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi, saat ini telah meluncurkan 400 titik Untuk Rehabilitasi Saluran irigasi Tersier yang ada di 24 Kecamatan Kabupaten Banyuwangi (23/2/2014).
Kali ini Pembangunan Rehabilitasi Saluran Irigasi tersier di kerjakan Rekanan CV tersebut, Udah sesuai Spek, Karena pembangunan tersebut bermanpaat kepada masyarakat Petani Banyuwangi.
Saat di konfirmasi Ketua HIPPA Meseri Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran kemarin, menuturkan dengan adanya program dari Dinas Pengaiaran Banyuwangi ini, saya selakau Ketua Hippa yang telah mewakili masyarakat petani merasa senang sekali. Pasalnya Desa Yosomulyo setiap tahun sekali mendapat bantuan fisik, ada yang dikerjakan secara Swaklola oleh HIPPA dan ada yang di Kerjakan oleh Rekanan CV.
Dengan adanya bantuan berupa fisik ini masyarakat petani sangat sangat mendukung kepada pemerintah daerah Banyuwangi yang memalui Dinas Pengaiaran Banyuwangi,karena semua ini bermanpaat kepada masyarakat Petani yang ada di Desa yosomulyo Kecamatan Gambiran.
Pembangunan Rehabilitasi Saluran irigasi tersier tersebut.akirnya semua air bisa lancar unuk mengairi sawah milik masyarakat petani yang ada di Kecamatan Gambiran.”paparnya Meseri.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Banyuwangi Ir. Guntur Priambodo mengatakan bahwa saat ini di tahun 2014 ada 400 Titik rehabilitasi saluran irigasi Tersier yang di bagi di Desa-Desa 24 Kecamatan Kabupaten Banyuwangi.

Nantinya dengan adanya rehabiliatsi saluran Irigasi Tersier Terwujudnya pengelolaan sumber daya air yang optimal dan berwawasan lingkungan dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara adil, merata, dan berkelanjutan, yang bertumpu pada kemandirian dan keswadayaan masyarakat.

Meningkatkan penyediaan air guna menjamin tercapainya kebutuhan air masyarakat serta dukungan terhadap kegiatan perekonomian yang memerlukan air. Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi untuk mewujudkan pemanfaatan air dalam bidang pertanian kepada masyarakat Banyuwangi.

Meningkatkan konservasi sumber daya air yang berkelanjutan. Melaksanakan pengendalian daya rusak air dan kekeringan yang meliputi upaya pencegahan, penanggulangan dan pemulihan dan Melaksanakan penataan, penguasaan dan pemilikan tanah.” rabanya Guntur.

Ir. Guntur Priambodo menambahkan semua  ini untuk Peningkatan penyediaan dan pengelolaan air baku untuk Irigasi maupun non irigasi . Membina penyelenggaraan infrastruktur secara transparan dan terbuka dengan melibatkan masyarakat.
Mendukung produktivitas usaha tani guna meningkatkan produksi pertanian dalam rangka ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani , yang diwujudkan melalui keberlanjutan sistem irigasi.
Menjaga kelangsungan, keberadaan, daya dukung, daya tampung, dan fungsi sumber daya air.
Mencegah, mengurangi resiko dan menanggulangi akibat banjir dan kekeringan terutama pada daerah-daerah rawan banjir dan ruas-ruas sungai kritis serta abrasi pantai yang menimpa daerah produksi, permukiman sarana publik lainnya,”katanya Kepala Dinas Pengaiaran Guntur.

(Mbah Din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger