Home » , , » KPU Banyuwangi Siap Gelar Kirab Damai Keliling Dengan Parpol

KPU Banyuwangi Siap Gelar Kirab Damai Keliling Dengan Parpol

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Kamis, 13 Maret 2014 | 14.03

KPU Banyuwangi Siap Gelar Kirab Damai Keliling Dengan Parpol


Banyuwangi Awdionline.Com
Sabtu (15/3) mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi akan menggelar kirab damai, menjelang dimulainya Pemilu, 9 April 2014. Kirab damai yang juga dilakukan secara serentak di tingkat nasional itu sekaligus menandai pelaksanaan kampanye damai yang akan dilangsungkan selama 15 hari, yakni mulai 16 - 30 Maret 2014.   (12/3)        
Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi, Syamsul Arifin, S.Pdi,  dalam rapat koordinasi persiapan kampanye damai 2014, Rabu (12/3) mengatakan, kirab damai ini akan melibatkan seluruh parpol yang menjadi peserta pemilu 2014. Antara lain Partai Golkar, Demokrat, Partai Demokarasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera,  Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra, Partai  Hati Nurani Rakyat dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pada kirab damai  ini, masing-masing parpol diperbolehkan membawa maksimal 10 kendaraan plus 1 mobil bak terbuka. Namun Syamsul menandaskan, pihaknya melarang penggunaan kendaraan roda dua.
Kirab damai ini, ujar Syamsul, akan melintasi seluruh daerah pemilihan (dapil). "Rute kirab damai akan kami mulai dari Taman Blambangan dan melalui 5 dapil hingga finish di RTH Maron, Kecamatan Genteng,"ujarnya.           
Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas yang hadir dalam acara tersebut  menyatakan, pemkab mensupport penuh pelaksanaan kampanye damai ini. "Dinamika politik saat ini suhunya tinggi sekali, dan rakyat sangat membutuhkan perhatian. Yang penting, jaga terus kebersamaan sampai dengan pelaksanaan pemilu,"ujar bupati.
Mengenai penggunaan RTH sebagai tempat dilaksanakannya kampanye terbuka, bupati mengaku menyerahkannya pada parpol. "Di RTH Taman Blambangan, kami telah menanam berbagai tanaman buah langka. Apa kira-kira parpol bisa menjamin tanaman-tanaman tersebut tidak akan rusak atau terinjak-injak oleh para simpatisan mereka jika kampanye diadakan disana?", tutur bupati yang segera ditegaskan oleh Ketua KPU bahwa kampanye diperbolehkan dilakukan di lapangan Blambangan, namun tidak boleh merapat ke titik RTH untuk menghindari kerusakan pada tanaman-tanaman langka.           
Bupati Anas yang beberapa waktu lalu  baru tiba dari Taiwan untuk melihat kondisi para TKI asal Banyuwangi juga berpesan agar hak pilih para  TKI disana supaya digunakan dengan baik. "Gunakan dengan baik  hak pilih mereka disana yang jumlahnya 30 ribu orang itu. Ke depan saya berharap terpilih orang-orang yang lebih baik supaya daerah ini bisa lebih maju. Tentunya yang dipilih adalah orang-orang yang bisa bekerja untuk rakyat,"pungkasnya. Acara yang diselenggarakan di Kantor KPU ini dihadiri pula oleh Forum Pimpinan Daerah, Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, para pejabat komponen pemkab dan perwakilan dari masing-masing parpol.
 

(Humas/Awdi)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger