Home » , » “Pawai Ogoh-Ogoh” Desa Sembulung Kecamatan Cluring

“Pawai Ogoh-Ogoh” Desa Sembulung Kecamatan Cluring

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 31 Maret 2014 | 13.29

Ratusan Umat Muslim Antutias Tonton 
“Pawai  Ogoh-Ogoh”
Desa Sembulung Kecamatan Cluring

Ogoh-ogoh Desa Sembulung

Banyuwangi Awdionline.Com- Sementara itu, ratusan Umat Muslim  Antutias berbaur meliahat menjelang hari Raya Nyepi menampilakan Pawai ogoh-ogoh saat melinats di Sepanjang jalan  Sembulung,”Tradisi yang digelar dalam menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936 itu pada malam hari, berlangsung meriah Desa Sembulung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi (30/3).
Salah satu Tokoh Umat Hindu Ponijo  menyampekan memperkenalkan agar warga menjaga kerukunan dan kebersamaan. “Mari kita bersama-sama menjalin ikatan kebersamaan,”Dan Ponijo menjelaskan terus mendorong masyarakat dalam kegiatan kegiatan positif. Seperti tradisi umat Hindu yang sudah berlangsung turun-menurun .”Budaya dan tradisi ini jangan sampai ditinggalkan ,”Serunya.
Dan Ponijo Menambahkan bahwa kegiatan tersebut rutin di gelar setiap tahun sekali.”Selalu ramai, ogoh - ogoh itu ditampilkan oleh masing-masing pura. Kali ini ada beberapa perwakilan umat Hindu yang tampil dalam pawai tersebut,” Setiap kelompok memiliki tema masing-masing .tapi penampilan itu bukan dilombakan ,”jelasnya.Usai diarak dan tampil di Pura masing –masing.  Nantinya Ogoh-ogoh tersebut di bawa ke pura,  Dan ogoh-ogoh lalu di bakar.
“ogoh-ogoh sebagai lambing angkara murka  makanya symbol angkara murka itu nanti di bakar  sebagai penghapusan sebelum  Nyepi di mulai Pukul 24.00,”Sementara itu, sejumlah ruas jalan sangat padat sekali pengunjung berbahur antara uamat hindu dan umat muslim  tersebut sudah saling kebersamaan dan saling mengerti. “Katanya
Dengan pantuan Poldes dengan adanya umat Hindu telah melaksanakan Arak Ogoh-ogoh, Umat Muslim Tua dan Muda dan anak anak memnuhi jalan yang ada di Sepanjang Jalan Dsa Sembulung, tertip,aman dan terkendali, Itu pun jalan  sempat macet kurang lebih 1 jam, mulai Kendaraan roda emapat dan roda dua menumpuk di jalan, panjang antrean kendaraan mencapai beberapa kilometer. Namun kemacetan Bisa di atasi oleh Babinkantikmas dari Polsek Cluring  dan pecalang dan di bantu oleh Linmas Desa Sembulung.  


(Din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger