Home » , » PELATIHAN & PENDIDIKAN JURNALISTIK, "Menjadikan Jurnalis yang berkualitas & berkompeten"

PELATIHAN & PENDIDIKAN JURNALISTIK, "Menjadikan Jurnalis yang berkualitas & berkompeten"

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 24 Maret 2014 | 23.33

PELATIHAN & PENDIDIKAN JURNALISTIK, "Menjadikan Jurnalis yang Berkualitas & Berkompeten"


Pandeglang, Awdionline.com
      Latar Belakang Saat ini tuntutan masyarakat di bidang komunikasi semakin meningkat seiring perkembangan teknologi internet yang kian canggih. Kini penyebaran informasi bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, apa saja, dan dengan cara apa saja.      
      Warga negara yang selama ini merupakan kelompok konsumen media, sekarang bisa bertindak sebagai wartawan atau jurnalis . Masyarakat yang disebut citizen journalism itu menandai revolusi penyebaran informasi. Dengan media online hanya menggunakan  internet dan perantara blog , semua orang bisa menjadi wartawan.        
      Dalam sambutannya Ketua Umum DPP AWDI , Oka Syahyan mengatakan " Demikian halnya perkembangan jurnalisme yang sedang berkembang cepat menuntut berbagai perubahan dalam reportase dan kompetensi wartawan Namun seorang wartawan handal harus bekerja berdasarkan kompetensi sehingga menjadi profesional di bidangnya. Dengan kompetensi, kerja wartawan akan lebih berkualitas. Untuk mendapatkan kompetensi itu bisa diperoleh dari pendidikan formal. Di sisi lain pendidikan formal jurnalistik belum tentu menciptakan wartawan siap latih tetapi belum siap pakai. Untuk ikut berperan di bidang pendidikan jurnalistik, Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia ( AWDI )menawarkan pendidikan non formal seperti pelatihan (short course) atau pendidikan dan latihan (Diklat) yang diadakan untuk mempersiapkan lulusan yang menguasai teori dan praktik di bidang jurnalistik.
      Tujuan Pelatihan Peserta pendidikan jurnalistik AWDI diharapkan memiliki ketrampilan menulis untuk menjawab tantangan di era kemajuan komunikasi ini.      
      Ditambahkan kembali, Ketua Litbang DPP AWDI  dalam sambutannya di acara pelatihan, pendidikan Ultah AWDI Online & Media  Rekanan mengutarakan Target Masyarakat umum yang memiliki hobi dan berminat menulis, mahasiswa komunikasi, serta wartawan yang ingin meningkatkan ketrampilan menulis. Materi Pelatihan : Dasar-dasar jurnalistik,  Bahasa jurnalistik & etika Teknik wawancara, pengumpulan riset data investigasi kasus.        
      Waktu Pelatihan & Pendidikan Jurnalistik : Mulai 22-23 Maret 2014 di wisma FKKRI , Maja - Pandeglang,  Banten .Dihadiri seluruh anggota & pengurus DPC, DPW Banten & DKI Jakarta Serta  DPP AWDI. Selain kegiatan. Pelatihan & Pendidikan Jurnalistik,kegiatan lainnya diselenggarakan diantaranya ; Ultah Kantor Berita AWDI & Media Dalam naungan DPP AWDI ( Media Kota & Media Infopublik , Pengukuhan DPC Kabupaten Tangerang , Kota Tangerang Selatan , Pandeglang serta Kabupaten Lebak , Tak luput santunan anak yatim piatu sebanyak 20 orang. Kegiatan ini berlangsung setiap tahun, tujuan menjadi jurnalis yang berkualitas serta berkompeten dalam tupoksinya serta saling berbagi kebahagiaan terhadap anak yatim piatu, Ungkap Totong Supardji Ketua Panitia & Pemred Media Kota, di kantOr redaksinya , senin siang ( 24/03/14 ).


(die 007 & Alv)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger