Home » , , » Posyandu Berperan Strategis Ciptakan Generasi Unggul

Posyandu Berperan Strategis Ciptakan Generasi Unggul

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 23 Juli 2014 | 20.54

Posyandu Berperan Strategis
Ciptakan Generasi Unggul

Banyuwangi, Awdionline.com  – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berkomitmen untuk menyiapkan Sumber Daya manusia yang unggul  untuk menyongsong Banyuwangi Emas tahun 2040 melalui Posyandu. Posyandu menjadi lembaga strategis di tingkat bawah yang berperan langsung membentuk  kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini melalui upaya peningkatan gizi ibu dan bayi serta pemantauan tumbuh kembang anak.
“Menciptakan generasi emas kuncinya adalah kualitas SDM yang harus dibentuk sejak usia golden age yakni usia 0-5 tahun. Disinilah  Posyandu berperan menjadi instrumen yang mendampingi para orang tua dalam pola pengasuhan anak dan berkontribusi memberikan tambahan asupan gizi yang seimbang baik bagi anak maupu ibu hamil,” kata Bupati Abdullah Azwar Anas saat menyerakan bantuan operasional bagi kader posyandu di Aula Kantor Kecamatan Rogojampi, Selasa (22/7).
Peranan Posyandu yang strategis dalam menciptakan SDM berkualitas sejak dini, perlu ditindak lanjuti dengan penguatan terhadap lembaga tersebut. Salah satunya dengan melakukan revitalisasi. “Posyandu instrumennya sudah baik, hanya perlu dimantapkan lagi. Misalnya ada standarisasi pelayanan posyandu dan peningkatan wawasan  para kader posyandu secara kontinyu,” kata Bupati.
Tidak hanya itu saja, lanjut Bupati, Posyandu akan menjadi model baru bagi pembangunan partisipatif berbasis perempuan di Banyuwangi.  “Kalau gerakan perempuan partisipasinya didorong secara optimal  maka tingkat pencapaian pembangunan akan lebih baik, karena terbukti perempuan memiliki peran besar dalam semua bidang kehidupan,”ujar Bupati.
Dalam kesempatan tersebut Bupati menyerahkan bantuan operasional kepada 12 ribu kader Posyandu senilai Rp, 2,37 miliar. Bupati juga telah menganggarkan pembelian seragam bagi kader Posyandu se Kabupaten Banyuwangi senilai Rp. 6 miliar pada tahun ini. “Ini adalah bentuk apresiasi Pemkab kepada ibu para kader Posyandu yang telah dengan ikhlas mengambil peranan menciptakan generasi unggul,” cetus Bupati Anas.
Selain menguatkan peran Posyandu, Pemkab Banyuwangi juga telah menyiapkan instrumen pendidikan berkualitas untuk membentuk SDM  yang unggul. Diantaranya pendirian Politeknik Negeri Banyuwangi serta Universitas Airlanga Banyuwangi. Pemkab juga menyediakan kemudahan akses pendidikan melalui pemberian Beasiswa Banyuwangi Cerdas, Beasiswa bagi difabel serta beasiswa bagi anak yatim berprestasi. (*)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger