Home » , » Wakil Bupati Menyerahkan Piala Bergilir Kontes Ternak Sapi

Wakil Bupati Menyerahkan Piala Bergilir Kontes Ternak Sapi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 24 September 2014 | 20.42

Wakil Bupati Menyerahkan Piala Bergilir Kontes Ternak Sapi

Banyuwangi, Awdionline.com - Setelah Bupati Banyuwangi, Azwar Anas meninjau kegiatan Kontes sapi dan Kambing, yang ada di Lapangan Glagah agung, Kecamatan Purwoharjo.  Saat penutupan Kontes ternak sapi dan ternak kambing, sekarang bergiliran Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko, didampingi Kapolres Banyuwangi, AKBP Tri Bisono, dan Frompimda dan seluruh SKPD Kabupaten Banyuwangi. Tidak ketinggalan lagi kontes sapi ini, juga dihadiri kepala Dinas Perternakan Jember, Situbondo, Bondowoso. (24/9).
Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko  mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, menargetkan, kegiatan kontes ternak sapi unggulan dan kambing  yang di gelar di lapangan Desa Glagah Agung Kecamatan Purwoharjo Banyuwangi bisa menghasilkan hewan ternak yang sehat dengan bobot yang bagus.
“Yusuf widiyatmoko, Menurutnya  dari Ratusan ekor yang diikutkan kontes dan pameran ini, di harapkan bisa tersaring hewan ternak yang memiliki kualitas bagus baik dari segi bentuk badannya maupun kesehatannya. Sehingga nantinya pemenang kontes bisa mewakili Banyuwangi di tingkat provinsi bahkan hingga ke tingkat nasional.”ungkap Yusuf.
Kepala Dinas Perternakan Kabupaten Banyuwangi, Heru Susanto, menjelaskan, populasi pertumbuhan sapi di Banyuwangi rata rata per tahunnya sebanyak 110 ribu ekor. Sedangkan per tumbuhan dalam setiap bulannya sebanyak 3.500 ekor. Sementara setiap bulan terdapat seribu ekor sapi yang di potong. Sehingga apabila di akumulasikan, di Banyuwangi terdapat kelebihan 2.500 ekor sapi berbagai jenis dalam setiap bulannya.
Heru meminta para peternak terus mengembangkan pertumbuhan sapi guna memenuhi kebutuhan sapi di Banyuwangi. Selama ini para peternak sengaja membeli sapi berbagai jenis utamanya jenis limosin dalam kondisi sudah besar dan tidak dipelihara sejak kecil.
Mereka beralasan biaya perawatannya cukup besar. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan populasi sapi di Banyuwangi terus meningkat. “Di Banyuwangi pertumbuhannya (sapi) bagus, perlu dikembangkan dan ruangnya sudah cukup, target kita pada kontes sapi adalah scoring pembobotan,” ujarnya.
Kontes yang digelar sejak (23-24/9) tersebut, juga menjadi ruang praktik mahasiswa jurusan Kedokteran Hewan. Mahasiswa bisa saling bertukar informasi dengan para peternak tentang penanganan yang bagus terhadap hewan ternak baik sapi maupun kambing.”kata Heru susanto.
Setelah kontes ternak sapid an kambing, Tim dewan juri kontes dan pameran ternak unggulan Kabupaten Banyuwangi, Dr, Abdul Samik, M.SI. drh, mengatakan, bahwa nama-nam yang tercantum ini adalah pemenang lomba kontes ternak dalam kegiatan kontes dan pameran ternak unggulan tahun 2014.
Dari hasil penelaian ratusan  ternak sapi dan kambing, yang ada di 24 kecamatan, yang katagori sapi calon induk cross, Sapi induk cross, sapi calon kermen, sapi kermen, sapi ekstrim, Sapi calon induk Po, sapi calon induk perah, sapi calon induk rambon, dan Kambing induk Pe dan kambing penjantan Pe. Setelah ratusan sapi dan kambing dari hasil penilaian dari tim juri,  yang mendapat juara umum adalah, sapi unggulan dari Kecamatan Rogojampi dan juara satu Ternak sapi Ekstrim dari Kecamatan Tegaldlimo. Dan Semua pemenag kontas Ternak sapi dan Kambing, mendapat kenang-kenagan dari panitia kontes Ternak sapi, Penyerahan Piala dinobatkan oleh wakil Bupati Banyuwangi, pemenang kontes dan pameran mendapat,   Piagam, Piala, sertifikat, dan Tabanas dari Pemkab banyuwangi. “papar abdul amik. (din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger