Home » » Warga Keselutian Air Bersih

Warga Keselutian Air Bersih

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 26 Oktober 2014 | 10.49

Warga Kesulitan Air Bersih

Tegaldlimo, Awdionline.com - Semenjak musim Kemarau Panjang warga Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, banyak sumur warga kering, jumaat (24/10).

“Dengan sulitnya air bersih, untuk keperluhan sehari-hari itu, “Untung ada sumur bor yang dikelola oleh kelompok tani Desa Kedunggebang, kecamatan Tegaldlimo.

Menurut samper (45) warga Desa Kedunggebang, Saat mencari air bersih, mengatakan bahwa sumur milik warga saat ini sudah berkurang airnya, selama musim kemarau tersebut.

Sedangkan warga sekarang mencari air bersih yang ada di Subur Bor milik kelompok tani, itu pun kalau disaat mesin sumur bor beryala saat mengairi sawah.

Samper menambahkan, air bersih ini bisa difungsikan untuk, air minum, memasak, mencuci pakean dan mandi, sak upama tidak ada air bersih dari sumur bor itu, kemungkinan warga kebingungan untuk keperluan sehari-hari. Karena semua sungai tidak air sama sekali. untung saja masih ada sumur bor yang masih banyak airnya. “ngeluhnya. Samper.

Ketika dikonfirmasi petugas Oprator Mesin Sumur Bor, Rubianto (40) menegaskan selama musim kemarau yang panjang ini, memang para petani resah dengan sulitnya mengairi sawahnya itu. Lihat saja semua sungai semua kering tidak ada air sama sekali. Sak upama ada air itu pun tidak menyukupi mengairi sawahnya.

Dengan sulitnya air, selama setenga bulan ini, mesin sumur bor ini diaktifkan, karena masyarakat petani membutuhkan air untuk mengairi sawahnya. Itu juga cara mengairi bergiliran, saat mengairi sawah.

“Namun warga yang ada di kedunggebang juga kesulitan air bersih, sebab semua sumur warga air kering, akhirnya disaat mesin sumur bor diyalakanselama, puluhan warga yerbu air, tetapi warga bergiliran saat mencari air bersih. Air ini Untuk kebutuhan sehari-hari. Memang awalnya sumur bor  ini digunakan untuk mengairi sawah, tetapi masyarakat petani menyadari tentang warga yang telah mencari air bersih tersebut. “kata petugas. (din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger