Home » » Dandim 0503 JB Komsos Komponen Masyarakat Jakarta Barat

Dandim 0503 JB Komsos Komponen Masyarakat Jakarta Barat

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 10 Juni 2015 | 21.49

Dandim 0503 JB Komsos Komponen Masyarakat Jakarta Barat

AwdiOnline.com, Jakarta - Komandan Kodim 0503/JB Letkol Inf  M. Asmi silaturahmi dengan Komponen Masyarakat  se Jakarta Barat bertempat di Makodim 0503/JB, Jl. S. Parman Kelurahan Tomang Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (09/06).

  Peserta komsos ini dihadiri oleh 130 orang, yang terdiri dari FKPPI, Pemuda Panca Marga (PPM), Pemuda Pancasila (PP), LVRI, Tokoh Agama (Toga), dan Tokoh Masyarakat (Tomas) di wilayah Jakarta Barat.

    Dandim 0503/JB Letkol Inf M. Asmi mengatakan, wilayah Jakarta Barat yang lebih kental sebagai daerah kota yang multi etnis, tidak menjadi kendala bagi Kodim 0503/JB untuk mempersatukan warga Jakarta Barat.

    Dandim juga mengingatkan kepada komponen masyarakat mengenai bahaya laten komunis, agar mewaspadai gerakan tersebut di lingkungan masing-masing.

    Wakil Komandan (Wadan) Koramil 01/Taman Sari Kapten Inf Sunarjo memberi pengarahan kepada komponen masyarakat se Jakarta Barat, tentang Pertahanan Negara RI sesuai Undang-undang No. 34 tahun 2004, seperti tugas pokok Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yaitu mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah, melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa, dan melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

    Dalam OMSP yang dilaksanakan TNI-AD menurut Sunarjo, antara lain: mengatasi gerakan separatis bersenjata, mengatasi pemberontakan bersenjata, mengatasi aksi terorisme, mengamankan wilayah perbatasan, membantu tugas pemerintah di daerah dan membantu Polri dalam rangka tugas Kamtibmas yang diatur oleh UU yang ada.

    “TNI sebagai alat pertahanan Negara, berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa,” tambah Sunarjo.

    Adapun yang dinamakan potensi kerawanan sosial lanjutnya, yaitu suatu keresahan sosial yang berkepanjangan, yang diakibatkan oleh proses konflik yang ditimbulkan dari perbedaann pendapat suatu masyarakat/kelompok/golongan tersebut.

    Menurutnya, ketidakpuasan yang dalam  eskalasi aman, sehingga hanya diperlukan tindakan pencegahan. Sedangkan ketidakpuasan pemecahan masalah dari yang tidak dapat dicegah, akan memicu keresahan, demonstrasi/anarkis ataupun separatisme.

    “Ada enam bentuk kerawan sosial, yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, hankam dan hukum. Seperti konflik elit Parpol yang mementingkan kepentingan kelompok/parpol sendiri, demi perebutan kekuasaan merupakan salah satu bentuk kerawanan sosial bidang politik,” terangnya.

    Untuk itu lanjutnya, peran Komando Teritorial (Koter) di wilayah, seperti Kodam, Korem, Kodim dan Koramil sangat penting, yaitu menciptakan kerukunan dan kesatuan bagi warganya agar tetap harmonis menuju ke arah kesatuan yang integral /asimilatif  berdasarkan Pancasila.

    Turut hadir antara lain Kasdim Mayor Inf Ratno, Pasintel Kapten Inf Jefriansen Sipayung, PasiOps Kapten Arh Reindi, Pasiter Kapten Inf Edi Suroso, Pasipers Kapten Arh Bahrul Hadi, Pasilog Kapten Inf Suwarno dan Danramil 07/Kembangan Kapten Inf Abdul Kholik. (Agung 6444)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger