Home » , , » Menteri Ristekdikti Buka Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2015

Menteri Ristekdikti Buka Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2015

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 09 Agustus 2015 | 21.23

Menteri Ristekdikti Buka Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2015

AwdiOnline.com, Jakarta -  Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof H.Mohammad Nasir Ph.D, AK membuka pameran RITECH EXPO dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2015 di Lapangan D, Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Jumat (07/08).

Tema Hakteknas ke-20 ini “Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa” dan sub tema pangan, energi dan maritim. Pameran RITECH EXPO ini akan digelar selama 4 hari mulai tanggal 7 s.d 10 Agustus 2015, untuk menampilkan karya terbaik inovasi anak bangsa.

Pameran ini diikuti 83 instansi dan lembaga yang berpartisipasi dari LPNK (BATAN, BAPETEN, BPPT, BIG, BSN, LAPAN, LIPI, dan Eijkman), 19 Balitbang Kementerian dan Pemerintah Provinsi,  14 litbang Perusahaan Negara dan Swasta, 15 Perguruan Tinggi, 27 Pusat Unggulan, 2 Program Riset Iptek, 4 Industri Kecil Menengah, dan 2 komunitas masyarakat dengan jumlah stand total 110 stand indoor, 5 stand outdoor, dan 3 kendaraan peraga promosi.

Setiap tanggal 10 Agustus, sesuai dengan Ketetapan Presiden Republik Indonesia No.71/1995 ditetapkan sebagai Hakteknas. Penetapan tanggal itu terkait sejarah penerbangan pesawat terbang N-250 Gatotkaca, hasil karya anak bangsa dari Industri Pesawat Terbang Nusantara yang kini menjadi PT Dirgantara Indonesia. Terkait sub tema, Nasir memandang sub tema Hakteknas ke-20 sangat penting karena sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo.
Disadari bahwa saat ini problem riset, rekayasa dan inovasi adalah hasilnya belum bisa dimanfaatkan masyarakat. Sebagian riset kemudian berhenti, sebagian dimanfaatkan dan mendapat banyak paten.
"Mengapa paten yang telah dihasilkan tidak mampu dimanfaatkan oleh dunia usaha. Apakah informasinya tidak menyentuh keinginan masyarakat sehingga inovasi berhenti," ucapnya.
Menristekdikti juga mempertanyakan apakah paten yang didapat ternyata sudah disalip teknologi yang lebih baru atau kesulitan aplikasi paten ke industri.
"Kita ingin menggugah inventor bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan dunia usaha. Hakteknas ini untuk promosikan teknologi putra-putri Indonesia ke dunia usaha," ujarnya. Nasir berharap tahun 2016 menjadi tahun kebangkitan dunia penerbangan Indonesia. (Agung 6444)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger