Home » , » Ritual Sedekah Bumi, Minta Hujan Cluring

Ritual Sedekah Bumi, Minta Hujan Cluring

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 15 November 2015 | 23.21

Ritual Sedekah Bumi, Minta Hujan Cluring

Banyuwangi, Awdionline.com - Di saat sejumlah daerah mulai Turun Hujan, di Daerah Kabupaten Banyuwangi, masih dilanda kemarau. Agar hujan segera turun, ratusan petani  mengadakan Ritual Sedekah Bumi, yang ada di Tepi Sungai Dam Simbar, Desa Tampo, kecamatan Cluring, Banyuwangi, minggu pagi. (15/11).
Dan Ritual Sedekah Bumi ini secara sederhana tersebut, masyarapat petani bertujuan untuk mendoakan datangnya hujan yang selama ini sudah meresahkan masyarakat petani yang ada di kabupaten Banyuwangi.”ujar kejuroan HIPPA Sugiono.
Sugiono selaku ketua kejuron Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Kradenan, yang menaungi tiga kejuron, yaitu kejuron Desa Sembulung, Desa Tampo, dan Desa Kradenan ini,  ritual selamatan Sedekah Bumi ini, bertujuan menunggu Datanganya Hujan.
Dan harapan ritual Sedekah Bumi ini, agar segera turun hujan, tanaman padi dan tanaman lainya sumbur dan makmur yang ada di kabupaten Banyuwangi. “ucapnya Sugiono.
Menurut Kordinator Ekploitasi Air Irigasi (Korek Air) melalui Juru Pengairan kecamatan Cluring, Bonari mengatakan setelah mengadakan ritual sedekah bumi ini, segera ada hujan,  supaya masyarakat petani. segera bisa menanam padi dan lainya. dan nanti hasil panen bisa melimpah.”tutur  juru pengairan Bonari. (din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger