Home » , » Warga Minta Lanjutan Proyek Plengsengan Dam Jangkung Desa Gambiran

Warga Minta Lanjutan Proyek Plengsengan Dam Jangkung Desa Gambiran

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 08 November 2015 | 21.47

Warga Minta Lanjutan Proyek Plengsengan Dam Jangkung Desa Gambiran

Banyuwangi, Awdionline.com - Akan datangnya turun hujan Dinas Pekerjaan Umum Pengaiaran kabupaten Banyuwangi, mengerjakan  proyek normalisasi sungai kali setail Dam jangkung Dusun Lidah, Desa Gambiran, kecamatan Gambiran, Banyuwangi, minggu (8/11).
Proyek normalisasi Sungai kali setail dam jangkung itu udah puluhan tahun udah dangkal,  ketika saat datangnya air besar, depit air yang besar tidak meluber dan juga tidak mengikis tanah milik warga sekitar sungai kali setail yang ada di Dam jangkung.
Menurut tokoh masyarakat dusun Lidah, Heri Sukartolo menegaskan dengan adanya proyek normalisasi sungai kali setail Dam jangkung ini,  kemungkinan menjaga datangnya turunya hujan yang lebat pada bulan-bulan ini.
Dan memang sungai kali setail dam jangkung ini  sudah lama dangkalnya dengan adanya normalisasi dari Dinas pengaiaran Banyuwangi tersebut, menghindari lubernya air yang meluap ke perkampungan warga Dusun Lidah.”ujar Heri sukartolo
Heri sukartolo juga mengharpakn kepada dinas pengaiaran, setelah selesai normalisasi sungai kali setail dam jangkung ini, agar di lanjutkan proyek bangunan pelengsengan untuk penahan sepadan sungai, supaya tidak longsor tanahnya hasil pengerukan tersebut.
Takutnya kalau tidak  ada bangunan pelengsengan sepanjang dam jangkung, ini sangat was-was kepada anak-anak kecil disaat mandi tibanya datangnya  air besar. Sebab kedalamanya normalisasi sungai kali setail dam jengkung kurang lebih 2 meter. Kalau tidak dilanjutkan pembangunan pelengsengan bisa-bisa tanah hasil normalisasi sedikit demi sedikit tanah bisa habis terkikis air di saat hujan tiba. Oleh karena itu warga minta ada lanjutan bangunan pelengsengan.”pungkasnya heri.
Pentingnya proyek normalisasi ini agar air  kali setail dam jangkung tidak terbuang sia-sia, dan nanti air di dam  jangkung bisa manfaat kepada petani yang tersalurkan ke sungai setembel Desa gambiran, kecamatan Gambiran dan sungai Desa Tegalsari, kecamatan Tegalsari.”
Saat dikonfirmasi kepala Dinas PU Pengaiaran Banyuwangi, Ir Guntur Priambodo, melalui Kasi pengelolaan dan kemanfaatan Asset, Priyadi  mengungkapkan proyek normalisasi Sungai kali Setail Dam jangkung ini memang awalnya sangat dangkal. Dengan kedangkalan sungai kali setail dam jangkung tersebut, Dinas Pu pengaiaran mengerjakan ptoyek pengerukan dengan kedalaman 2 meter. 
Sementara itu, mengakui adanya proyek pembangunan normalisasi sungai kali setail dam jangkung yang ada di dusun lidah, Desa Gambiran, kecamatan Gambiran dengan anggaran dana 180 juta rupuah ini, masuk potongan pajak PPH/PPN mas.
Apa yang di minta masyarakat dengan adanaya bangunan pelengsengan setelah normalisasi sungai kali setail Dam jangkung selesai, permintaan masyarakat masih tahap pengajuan lagi. Memang harapan Dinas PU pengaiaran kelanjutan pembangunan pelengsengan di usahakan tahun 2016.”papar Priyadi selaku kasi pengairan Banyuwangi.
Sebab, normalisasi sungai kali setail Dam jangkung ini menjaga datangnya turun hujan yang lebat, supaya air tidak meluber ke rumah warga sekitar Dam jangkung. Dan lagi air tidak mengikis tanah warga yang dekat sungai.”kata Priyadi. (din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger