Home » , » Pemkab Tangerang

Pemkab Tangerang

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Sabtu, 12 Juni 2021 | 00.22

Pemkab Tangerang Prioritaskan Keamanan Masyarakat pada Pelaksanaan Vaksinasi

Tangerang awdionline.com- Pemerintah Kabupten  Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus lakukan vaksinasi COVID-19 dengan mengedepankan  ketertiban dan keamanan bagi seluruh pihak yang terlibat pada saat pelaksanaan.

Hal ini dibuktikan dengan pemantauan lokasi vaksinasi yang bertempat di Benteng Taruna Stadium Sport Center Kelapa Dua, yang terlihat terselenggara secara kondusif. Meskipun pada Kamis (10/6), jumlah calon peserta vaksin terlampau cukup banyak.

Juru bicara Satuan Gugus tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi mengatakan, vaksinasi dihari kedua, jumlah target masyarakat yang divaksin berjumlah 2.500 orang dari 5 kecamatan. Jumlah ini diperlukan untuk mempercepat vaksinasi 15.000 warga Kabupaten Tangerang dalam sehari.
"Hari kedua ini kita (Dinkes) terus melakukan vaksinasi untuk masyarakat umum, baik lansia, pralansia dan tenaga pendidik, demi mempercepat baksinasi di Kabupaten Tangerang dan vaksinasi menjadi program yang didorong untuk mencapai imunitas secara keseluruhan," ucap Hendra saat ditemui.
Diketahui sebelumnya, bahwa banyak warga yang mendapatkan berita tidak benar (hoaks) yang tersebar melalui WhatsApp, ditambah puskesmas di beberapa kecamatan masih kurang menyosialisasikan vaksinasi ini kepada warga. Akhirnya, pagi tadi warga dari luar Kabupaten Tangerang banyak yang berdatangan hingga mengakibatkan kerumunan, mereka yang datang juga tidak membawa kartu vaksinasi.

"Beredar informasi keliru di masyarakat. Dalam informasi di grup-grup Whatsapp, beredar kabar yang bisa divaksin adalah warga yang berusia 18 hingga 59 tahun. Dari pihak puskesmas pun juga belum melakukan sosialisasi jadi banyak yang belum tau," jelasnya.

Kendati demikian, kegiatan vaksinasi masih terpantau kondusif, dimana hal itu juga disampaikan oleh Fachrul Rozi, selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan 80 personil untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di hari kedua.

"Hari ini Satpol-PP menurunkan 80 personil, untuk pengawasan di luar gedung, kemarin mereka diistirahatkan, (namun) hari ini mereka siap untuk pengamanan," katanya.
Terkait dengan rencana pelaksanaan vaksinasi 15.000 dosis dalam sehari, pihak Satpol-PP bersama Damkar, TNI-Polri dan Dinas terkait lainnya terus melakukan pengamanan.

Fahrul Rozi membenarkan bahwa tadi pagi memang terdapat kerumunan masyarakat dikarenakan banyak dari mereka yang tidak mengetahui informasi mengenai vaksinasi hari ini. Akan tetapi, pihaknya langsung melakukan pengaman dengan membubarkan dan mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

"Setelah petugas yang mengatur antrian warga turun tangan, kemudian kerumunan dan antrian warga pun mencair dan relatif tertib," ujar Fahrul Rozi.

Personil Satpol-PP sudah ditempatkan pada beberapa titik dipintu masuk, sehingga masyarakat yang hendak masuk dan melakukan vaksinasi harus menunjukkan kartu vaksinasi terlebih dahulu.
Camat Kelapa Dua Prima Saras Puspa sendiri juga melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi hari kedua, ia pun meminta warga untuk tertib dan tetap mengedepankan kelompok yang diprioritaskan dan yang divaksin hanya yang membawa kartu vaksinasi.


Prima juga mengimbau warga yang akan vaksinasi agar tetap taat protokol kesehatan.
“Kepada warga yang akan mengikuti vaksin juga saya imbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak menciptakan kerumunan dalam antrian,” kata dia.

(Alexander Salembun/alex)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger