Home » » AP II INTIP CALO TKI DENGAN CCTV

AP II INTIP CALO TKI DENGAN CCTV

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Kamis, 12 September 2013 | 11.56

Awdionline.com, Tangerang -- General Manager Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Syaiful Bahri mengatakan pihaknya sedang menyelidiki oknum Calo TKI yang tertangkap kamera CCTV sedang keluar dari area lobby Terminal 2 Bandara bagian kedatangan tanpa menggunakan I'd pass dari otoritas bandara.

"Saya telah koordinasi dengan kawan-kawan di bagian CCTV melalui telepon dan mendapat keterangan bahwa oknum itu bernama Agus," ujar Syaiful kepada Wartakota di kantornya, Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/8) sore.
Ia mengatakan saat itu Agus memakai pakaian kemeja kotak-kota warna hitam dan celana levis yang senada dengan warna kemejanya.

Pria berkumis itu menerangkan saat ini sedang menyelidiki siapa itu Agus dan apa kepentingannya berada di area yang harusnya steril dari publik.
"Yang saya tanyakan ini siapa dan apa fungsi dan tugasnya apa disana," ujar Syaiful.
Ia pun tidak mau gegebah mengambil kesimpulan apakah Agus ini berasal dari individu atau dari lembaga tertentu.

Syaiful meminta waktu kepada masyarakat untuk pihaknya dapat mencari tau identitas lengkap Agus.
"Apakah oknum itu melibatkan instansi tertentu atau tidak. Kami harus hati-hati memberikan pernyataan. Beri kami waktu," pintanya.
Syaiful mengatakan bila Agus terbukti dari intansi TNI, pihaknya akan mengirim surat resmi kepada pimpinannya.

Ia mengaku pihaknya tidak bisa menghukum Agus bila dari TNI dan berkewajiban melaporkan oknum yang mempunyai aktifitas ilegal di bandara.
"Itu kami harus check dulu apakah dia sedang ada dinas resmi atau tidak di Terminal 2D. Tetapi ini masih belum dapat dipastikan," ucapnya.
Syaiful menjelaskan bila Agus terbukti dari sipil akan dilhat dulu apakah dia bergerak individu atau dari lembaga tertentu.

Jika dari lembaga, ia mengaku pihaknya tetep akan melaporkan Agus ke pimpinannya.
Syaiful mengatakan belum ada payung hukum yang bisa memberi hukuman pidana kepada para calo TKI tersebut.
"Kami tetap ke prosedur internal AP II, diproses agar ini menjadi data kami," ucapnya.
Syaiful menerangkan sesuai SOP (Standar Operation Perusahaan), calo TKI yang terbukti memeras TKI, hanya ditahan di kantor cabang pengamanan AP II selama 4 jam.
"Kami berharap dengan ditahan selama 4 jam, mereka  berubah pikiran untuk tidak bekerja secara ilegal," ucapnya.

Lalu ditanya soal keterlibatan oknum petugas keamanan bandara dalam praktek TKI, pihaknya juga mengaku masih menyelidikinya.
"Bisa saja, dia tidak melihat calo masuk ke dalam karena terlalu fokus menjaga keamanan di Terminal 2," ujar Syaiful.
Seperti yang diberitakan Wartakota Praktek percaloan TKI di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta melibatkan security bandara yaitu Avsec Security Angkasa Pura II (AP II) yang memakai seragam warna abu-abu.

Dari pantauan Wartakota, para calo tersebut dengan mudahnya masuk ke dalam lobi kedatangan penumpang yang seharusnya tidak sembarang orang bisa masuk.
Mereka tidak memakai I'd pass padahal orang-orang yang boleh masuk ke dalam adalah orang-orang yang mendapat I'd pass dari Otoritas Bandara Soekarno-Hatta.
Para security bandara pun seperti membiarkan mereka masuk ke dalam. Padahal bila bukan calo, petugas itu akan mencegat dan melarang mereka masuk.
DH/dadang hiryanto
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
4 April 2014 10.26

Permasalahan TKI memang pelik dan butuh kedisiplinan serta ketegasan aturan dari pemerintah dalam mengaturnya. Dalam website penghimpun informasi iyaa.com terungkap bahwa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sinjai yang ilegal lebih tinggi dibanding yang sesuai prosedur pengurusan secara resmi. TKI ilegal yang terdata hingga 2012 lalu mencapai 2.285 orang.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger