Home » » Puluhan Kambing di Banyuwangi Mati Digigit Anjing

Puluhan Kambing di Banyuwangi Mati Digigit Anjing

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 11 Oktober 2013 | 16.59

Paini warga Dusun Tamansari Kecamatan Licin menunjukkan luka di kambing peliharaannya yang diduga digigit anjing liar

Awdionline.com, Banyuwangi -  Masyarakat resah dengan adanya Anjing Liar dan akhirnya Puluhan kambing milik warga mati secara misterius. Diduga kambing yang mati diserang oleh anjing liar yang masuk ke pemukiman warga.

Menurut Kepala Polsek Licin AKP Wan Sutanto, Jumat (4/10/2013), kasus serangan anjing liar terhadap ternak kambing dan domba sudah berlangsung sejak Juli 2013.

"Ini fenomena tahunan yang terjadi di Kabupaten Banyuwangi khususnya di musim kemarin. Rata-rata ternak yang menjadi sasaran adalah ternak muda. Untuk melumpuhkan kambing, anjing liar selalu menggigit bagian yang sangat vital seperti leher, karena di situ ada saluran pernafasan. Bekas gigitan meninggalkan lubang akibat gigi taring," ujarnya.

Hingga Jumat (4/10/2013) di Kecamatan Licin sudah ada sekitar 40-an kambing yang ditemukan mati. "Delapan ekor ditemukan masih hidup. Untuk wilayah kecamatan Licin memang terbanyak, terutama di Dusun Sumber Watu dan Sumber Dedep yang letaknya berada di lereng Gunung Ijen. Kebetulan juga di sana warga juga banyak berternak kambing dan domba," ungkapnya.

Bukan hanya Kecamatan Licin yang mengalami penyerangan anjing liar, tapi menyebar di beberapa kecamatan. Kecamatan Cluring jumlah kambing yang diserang sebanyak 17 ekor, Kecamatan Banyuwangi, Kelurahan Sobo sebanyak tujuh ekor dan Kecamatan Giri, Kelurahan Penataban sebanyak delapan ekor.

Jumlah dan tempat serangan diperkirakan akan terus bertambah karena tidak semua kasus dilaporkan. "Kami sudah melakukan pemburuan anjing liar di wilayah kecamatan Licin tapi baru berhasil menangkap empat ekor anjing liar," papar Sutanto.

Saat di Konfirmasi Kepala Desa Kecamatan Glagah, mengatakan membenarkan adanya ajning liar yang telah memangsa hewan-hewan milik masyarakat Kecamatan Licin dan Desa lainya.  dan saat ini masyarakat yang ada di kecamatan  Glaga,  berjaga-jaga di setiap Pos kampling yang ada di Desa-Desa, karena antisipasi adanya anjing liar yang menyerang hewan tersebut ,uangkapnya, (Din awdi)

                     
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger