Home » » Mengentaskan Buta Aksara, Masyarakat Belajar Di Lembaga PKBM Yang ada di Kabupaten Banyuwangi

Mengentaskan Buta Aksara, Masyarakat Belajar Di Lembaga PKBM Yang ada di Kabupaten Banyuwangi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 22 November 2013 | 11.37

                             Foto: Pengurus PKBM Murni, kabid PNFI, Penilk UPTD Srono

Banyuwangi, Awdionline.com_ lembaga penerima Dana Hibah yang diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Propinsi jawa Mulai Bulan Oktober Tahun 2013 ini, Setiap Lembaga Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menerima Anggaran dana Hubah Salah satunya   PKBM Murni, PKBM Tulungrejo, PKBM Gondo Arum, PKBM Panji Laras, PKBM Karang Samudra, PKBM Lintas menuju cerdas, PKBM Handayani, PKBM Hajar Dewan Toro, PKBM Rejengt, PKBM Koppat, PKBM Tunas Mulia,PKBM Mitra, PKBM Asri,dan masih PKBM yang tidak tercatat di awdionline.com  yang ada di kabupaten Banyuwangi  Tersebut, Telah Mendapat Anggaran Dana hibah dari Dinas Pendidikan  Propinsi jawa Timur.

Dan juga Dana Hibah dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur yang sudah di bagikan kepada Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di PKBM masing-masing Se kabupaten Banyuwangi, mulai tahun 2010 sampai tahun 2013 itu, di manfaat kan dengan baik, karena semua PKBM telah Membuka program Keaksaraan fungsional.atau pembelajaran masayarakat yang sudah ber umur Dewasa itu, mendapat pembelajaran Buta Aksara setiap tahun sekali sampai tahun 2013 ini.

Saat di Konfirmasi Puluhan Pengurus Lembaga PKBM yang ada di Kabupaten Banyuwangi tersebut, Salah Satunya PKBM Murni Makmun yang ada di Desa Rejoagung, Memaparakan bahwa pembelajaran masyarakat yang masih Buta Aksara, saya Tempatkan Di Desa Wonosobo Kecamatan Srono.

“Menurut Makmun  kegiatan belajar Buta Aksara Di laksanakan di setiap Kelompok Masing masiang yang ada di Desa Wonosobo karena semua pembelajaran sudah di sediakan tempat Belajar oleh lembaga PKBM Murni,”paparnya

Dan juga pengurus Lembaga PKBM Murni Makmun  Menambahkan ke Awdionline.Com, bahwa Tujuan utama kegiatan Belajar Buta Aksara tersebut adalah, memberikan pendidikan kepada masyarakat yang buta huruf. tentu saja untuk mewujudkan kegiatan yang berupa pembelajaran tersebut akan di lakukan secara berkelanjutan.

Pengurus lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di kabupaten Banyuwangi itu,sudah di jatwal pembelajaran dua Kali satu minggu untuk pertemuan dalam sepekan. Semua pembelajaran buta huruf sudah di di atur satu kelompok berisi 10 orang. Dan jatwal disesuaikan dengan kelompok masing masiang.ungakpnya.

Karena Selaku Pengurus Lembaga PKBM Murni Desa Rejoagung  Menambahkan kegiatan ini terus eksis dalam bidang pendidikan pemberatasan buta aksara, dan sosial, Mulai Pendidkan Keaksaraan fungsional,Kesetaraan, natinya masyarakat di ajarakan bisa Cerdas, kriatip, Produktip. Tegasnya.

Kabid Pendidikan Non Formal Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi yang bernama, Suhud, Saat Monitoring di  lembaga PKBM yang ada di kabupaten banyuwangi Mengatakan nantinya  Kegaiatan pembelajaran Buta Aksara,juga memiliki taman bacaan masyarakat (TBM).

Hal ini sebagai upaya agar masyarakat bisa membaca, menulis, dan menghitung, Keterampilan, Keaksaraan usaha mandiri (KUM),dan juga menambah keilmuan belajar dan informasi.”buku buku itu nantinya di bagikan kepada masyarakat yang belajar buta aksara dan di kembangkan kepada masyarakat yang ikut program pemberantasan buta aksara. Yang ada di lembaga PKBM Masing-masing yang ada di kabupaten banyuwangi,” katanya.

Ketika konfirmasi kepada Penilik dari UPTD Kecamatan Srono Wir mengatakan kegiatan lembaga PKBM itu, harus di laksanakan dengan baik samapi benar-benar masyarakat yang buta akasara bisa membaca dan menulis dan juga bisa membuat keterampilan dan pengatuhan ilmu dari Totor yang telah mendidik selama kegiatan pembelajaran Buta Aksara atau keaksaraan fungsional sampai tuntas,  ”Paparanya. (Din awdi)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger