Home » » Akibat Hujan Deras Ratusan Rumah Warga Di Jember Terendam Banjir

Akibat Hujan Deras Ratusan Rumah Warga Di Jember Terendam Banjir

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Selasa, 24 Desember 2013 | 12.44

                                      Foto: Banjir Bandang  Kabupaten Jember jawa Timur

Jember, Awdionline.com – Akibat Hujan Deras Kurang labih 892 rumah Warga yang ada di Desa Paseban dan Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur, terendam banjir, sejak Jumat, sabtu, dan Minggu (20/21/22/12/2013 ) kabupaten Jember Jawa Timur.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, mengatakan banjir di dua Desa di Kecamatan Kencong disebabkan musim hujan deras yang mengguyur kawasan setempat hingga menyebabkan dua tangkis di Sungai Tanggul jebol.

"Luapan air Sungai Tanggul hingga siang ini masih merendam ratusan rumah dengan ketinggian berkisar 125 centimeter (cm) hingga 75 cm," tuturnya.

Menurut dia, pihak BPBD mendirikan tiga posko untuk mengevakuasi korban banjir yakni di Balai Desa Kraton, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kraton, dan Masjid Kraton.

"Perangkat Desa sudah meminta warga untuk mengungsi ke Balai Desa setempat sejak Jumat (20/21/22/12) malam dan mereka sudah siaga banjir karena debit air di DAM Pondokdalem Tanggul sudah mencapai 330 cm," paparnya.

Jumlah warga yang mengungsi hingga siang ini sebanyak 150 orang, namun jumlah tersebut akan terus berkurang karena sebagian warga sudah kembali ke rumah mereka masing-masing untuk melihat keadaan rumah.

"Bantuan makanan siap saji berupa nasi bungkus sudah didistribusikan kepada warga korban banjir karena mereka tidak bisa melakukan aktivitasnya seperti memasak," katanya.

Para sukarelawan dan warga, lanjut dia, membantu petugas BPBD untuk mendirikan dapur umum, sehingga ratusan warga yang menjadi korban banjir bisa mendapatkan bantuan makanan berupa nasi bungkus.

"Hujan gerimis masih mengguyur di Kecamatan Kencong, saya imbau warga tetap waspada terhadap derasnya luapan aliran Sungai Tanggul karena dua tangkis di sungai tersebut jebol," ujarnya.

Data di BPBD Jember mencatat sebanyak 19 dari 31 kecamatan di Jember merupakan daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan tsunami,”Paparnya. ( Din/Deni)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger