Home » , » Dinsos Kota Tangerang Launching Perdana Kampung Siaga Bencana (KSB)

Dinsos Kota Tangerang Launching Perdana Kampung Siaga Bencana (KSB)

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 20 Desember 2013 | 17.54


Awdionline.com, Tangerang - Dinas Sosial Kota Tangerang melalui Bidang Penanggulangan Bencana  resmikan secara langsung  pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB), Sosialisi Penanganan Bencana serta Simulasi Bencana yang diadakan di Kelurahaan Gembor Kecamatan Priuk Kota Tangerang, Banten dari tanggal 17 - 19 Desember 2013  dikantor kelurahan , Kantor Sekretariat posyandu dan Kantor KSB Gembor ,Priuk -Kota Tangerang.             

      Selain meresmikan perdana KSB Kota Tangerang , H. Acep  selaku Kabid Lembaga dan Penanggulangan Bencana Dinsos Kota Tangerang juga melakukan pengukuhan pengurus KSB Gembor yang diketuai oleh  . 
Ketua RW 07 Kelurahan Gembor -Priuk, Tangerang (Suyato , S.sos ). 
      Kabid Lembaga dan Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Kota Tangerang ,H. Acep . S , S.sos  menyebutkan, bahwa di Kota Tangerang  baru pertama kali dibentuk kampung Siaga Bencana di Kelurahan Gembor Kecamatan Priuk, Kota Tangerang . Karena  Kelurahan Gembor , Priuk ini  dinilai sebagai kecamatan atau daerah yang paling rawan banjir dari sejumlah kecamatan lainnya dikarenakan  berbatasan langsung dengan aliran air sungai.

      "Kampung Siaga Bencana sangat penting dibentuk, untuk menyiapkan diri sebelum terjadi bencana.   

      Ditempat yang sama , Lurah Gembor , Eep Ruli Hasan ,S.Ip mengutarakan bahwa dengan adanya program dari Kementrian Sosial yang diselenggarakan di wilayah kabupaten / kota di seluruh wilayah se- Indonesia ini , harus segera membentuk KSB di masing masing kelurahan dan kecamatannya .Sehingga, kita maupun masyarakat sudah siap siaga sejak dini bagaimana menghadapi bencana yang terjadi ditengah masyarakat. Karena dalam mengatasi bencana, bukan hanya menjadi tugas pemerintah tapi menjadi tugas semua pihak termasuk masyarakat.

Untuk melibatkan masyarakat dalam penanganan bencana di Gembor yang rawan terjadi banjir setiap tahunnya dan banjir kiriman, diperlu kan melibatkan masyarakat dengan dibentuk kampung siaga bencana di masing RW dan RT se- Kelurahan Gembor ini .  Jadi intinya, sedia payung sebelum hujan," ujarnya Eep Ruli Hasan . 

      Kasi Bencana Dinsos Kota Tangerang , Yusuf mengatakan bahwa pihak kami selain meresmikan KSB beserta para pengurusnya ( 17 / 12 ), Disambung dengan kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Bencana ( 18 /12 ) dan Penutupan Kegiatan KSB ini dengan memberikan Stimulasi      dan Pemantapan Pengetahuan Penanggulangan Bencana  ujar yusuf .
    Pihaknya juga menyerahkan sedikit  bantuan paket sembako dan fasilitas penunjang mengatasi bencana untuk masyarakat korban bencana banjir di Kelurahan Gembor , Priuk Kota Tangerang ini . Sedangkan penyerahan paket sembako dan bantuan lainnya diterima langsung oleh masyarakat Gembor  dan Ketua KSB. Bantuan Sosial Dinsos Kota Tangerang untuk  kedepan ini, kata Kasi Bencana , Yusuf  mengaku, bahwa bantuan hanya akan diberikan sesuai kebutuhkan. 

"Ya, jika nantinya masyarakat Kota Tangerang yang  masih memerlukan dan membutuhkan bantuan untuk membantu korban bencana, maka silahkan diajukan kepada Dinsos Kota Tangerang  untuk dapat direalisasikan bantuannya," pungkasnya.

Menambahkan kembali , Kabid Lembaga dan Penanggulangan Bencana  Dinsos Kota Tangerang, H. Acep . S, Sos  usai menghadiri acara peresmian dan pengukuhan pengurus Kampung , Sosialisasi serta Stimulasi Siaga Bencana di Gembor ini menjelaskan, bahwa pihaknya sangat menyambut baik dibentuknya kampung Siaga Bencana di Gembor, Priuk- Kota Tangerang Banten ini.

      Ketua KSB Kelurahaan Gembor dan Ketua RW. 07, Suyato , S.sos. Ikut angkat bicara , mengutarakan kembali "Dengan adanya KSB ini, sehingga sangat membantu kami dari Dinsos Kota Tangerang  untuk melakukan penanganan menghadapi bencana bersama pengurus KSB di Kelurahan Gembor ini  nantinya. Di Kota Tangerang masih  ada sekitar 23 titik rawan banjir di masing kecamatan se- Kota Tangerang  yang rawan terjadi bencana banjir setiap tahunnya yaitu wilayah ciledug indah , perum pondok arum , dll yang tidak bisa disebutkan semuanya," paparnya.

Ditambahkan kembali , Suyato , S.sos selaku Ketua KSB Kelurahan Gembor mengutarakan kembali  bahwa dengan dibentuknya Kampung siaga Bencana beserta pengurus KSB, diharapkan dapat membantu para anggota taruna siaga bencana (Tagana) Kota Tangerang  dengan melakukan kerjasama antara Tagana dan pengurus KSB Kel. Gembor  dalam membantu masyarakat melakukan penangganan bencana di  Kecamatan Priuk khususnya di Kelurahan Gembor.

"Meski Kampung Siaga Bencana baru dibentuk di Kelurahan Gembor ini , kedepannya, Dinsos Kota Tangerang  akan membentuk KSB lainnya di kecamatan yang rawan bencana seperti di. Nambo Jaya, Ciledug Indah ," tutupnya.    ( Die 007 & Alvie )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger