Home » » Anggaran Dana Reward Rp 1,4 Miliar dari Kementerian PU “ Langsung Di Belikan Kendaraan Roda Dua Banyuwangi

Anggaran Dana Reward Rp 1,4 Miliar dari Kementerian PU “ Langsung Di Belikan Kendaraan Roda Dua Banyuwangi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 29 Januari 2014 | 10.10

Awdionline.com, Banyuwangi  – Setelah mengukir prestasi di bidang investasi, Banyuwangi kembali mendapatkan reward dari Pemerintah Pusat berupa insentif Rp 1,4 miliar atas prestasinya mampu menyerap Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan infrastruktur jalan dan air bersih. 

Saat di Konfirmasi (28/1) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Tata Ruang, Mujiono, mengatakan karena Banyuwangi dianggap mampu mengelola dana DAK sebesar Rp 6,3 miliar dari Kementerian PU untuk pembangunan infrastruktur jalan dan air bersih sesuai dengan standart kualitas output yang ditentukan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan anggaran sesuai petunjuk dan pelaksanaan (juklak) dari kementerian. “Untuk pelaporan progress proyek, baik laporan harian, mingguan dan bulanan selalu kita update menggunakan IT. Kita juga aktif koordinasi menggunakan email dan paparan di luar kota,” terang Mujiono.

Untuk perencanaan, dilakukan sesuai kebutuhan dan tepat sasaran. Contohnya, kata Mujiono, sebelum dibangun sebuah jalan, terlebih dahulu akan dilihat potensi disekitarnya, apa untuk penunjang wisata atau membuka akses perekonomian. “Maka jalanpun akan dibangun sesuai spesifikasi yang dibutuhkan,” ujarnya.

Selanjutnya, pelaksanaan betul-betul dilaksanakan secara bebas dan terbuka sesuai standar Unit Layanan Pengadaan (ULP). “Untuk proyek ini kita tidak memecah-mecah lelang. Benar-benar terbuka siapun boleh ikut. Termasuk pengerjaan proyek tidak mark up,” terang Mujiono.

Semua proses itu, lanjut Mujiono, dinilai baik oleh tim DAK dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Bahkan, dari hasil penilain itu, Banyuwangi menjadi  penerima reward terbesar se Jawa Timur. “Selain Banyuwangi ada beberapa kabupaten yang juga mendapat insentif tetapi nilainya berbeda-beda, ada yang Rp 300 juta, Rp 400 atau Rp 500 juta. Dan Banyuwangi mendapat Rp 1,4 miliar,” terang Kepala Dinas PU, Mujiono.

Mujiono menambahkan, insentif reward yang telah diterima digunakan untuk membeli 9 unit sepeda motor jenis trail dan 4 unit sepeda motor niaga (viar, red). Kendaraan-kendaraan itu akan digunakan sebagai penunjang operasional Dinas PU. Motor trail akan digunakan untuk memonitor jalan-jalan rusak kabupaten dan meninjau daerah yang belum teraliri saluran air bersih. Untuk motor niaga diberikan kepada UPTD Dinas PU di empat kecamatan sebagai kendaraan pengangkut aspal dan perlengkapan lainnya untuk menambal jalan yang rusak .”paparnya. (Din Awdi)



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger