Home » » BARU 2 BULAN, PLENGSENGAN DAM DAWUHAN KEC TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK AMBROL

BARU 2 BULAN, PLENGSENGAN DAM DAWUHAN KEC TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK AMBROL

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Sabtu, 04 Januari 2014 | 15.20

Trenggalek, AWDI ONLINE.com – Pembangunan Dam Dawuhan di Trenggalek diduga dikerjakan asal asalan. Baru beberapa bulan selesai dikerjakan, proyek dam Dawuhan yang terletak diDesa Dawuhan, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur senilai Rp 500 juta sudah ambrol. Proyek yang penuh kontroversi saat proses tendernya, tergolong baru saja rampung proses pembangunannya.

Dam sekaligus bendungan yang didanai APBD Trenggalek tahun anggaran 2013 itu baru diserahkan kepada Pemkab Trenggalek sekitar dua bulan lalu. “Saya tidak tahu betul urusan teknis, tetapi kelihatan plengsengannya ambrol karena kualitasnya kurang bagus,” ujar Munaji, warga Desa Dawuhan saat berada di lokasi dam, kamis 2 januari 2014.
Ia menduga, tanah urukan dekat plengsengan itu juga kurang padat sehingga labil dan mudah ambrol saat hujan deras.

Munaji dan petani lain cukup menyesalkan rusaknya dam itu karena jika tidak segera dibenahi, dapat berpengaruh pada pasokan irigasi persawahan mereka di musim kemarau nanti.
Ia berharap, Pemkab Trenggalek tidak membiarkan kerusakan itu berlarut-larut. Para petani pun sudah melapor kepada perangkat desa yang diteruskan ke pejabat kecamatan hingga kabupaten.
Terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan, Janu Rianto, melalui Kepala Bidang Pemeliharaan, Sukamto, mengaku sudah mengecek ambrolnya plengsengan yang dibangun CV Insan Cita Enginering dari Sutojayan, Kabupaten Blitar itu.

Menurut dia, sesuai aturan dalam Keputusan Presiden 56 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksaan Pengadaan Barang dan Jasa, proyek tersebut masih menjadi tanggung jawab rekanan.
"Itu masih dalam masa pemeliharaan sehingga tanggungjawab semuanya ada pada rekanan," katanya.
Ia menambahkan, sesuai aturan pula, pihaknya dapat menahan uang jaminan dari pihak rekanan selama kerusakan itu belum dibenahi.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger