Home » , » Dinas PU Pengairan Membangun Saluran Irigasi Kabupaten Banyuwangi

Dinas PU Pengairan Membangun Saluran Irigasi Kabupaten Banyuwangi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Sabtu, 22 Februari 2014 | 21.48

Dinas PU Pengairan Membangun Saluran Irigasi Kabupaten Banyuwangi

Kepala Dinas PU Pengairan Ir. Guntur Priambodo, MSi

Banyuwangi Awdionline.Com  - Guna terus mendukung sektor produksi pertanian, Dinas PU Pengairan kembali membangun irigasi tersier atau irigasi pedesaan di beberapa titik di 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (22/2/2014)
Di tahun 2014 ini,  Dinas Pengairan Banyuwangi akan meneruskan membangun 400 titik jaringan irigasi di beberapa kecamatan yang debit airnya dinilai kurang maksimal dalam pengalirannya. Untuk pembuatan irigasi tersier yang ada di Desa Desa, Se-Kabupaten Banyuwangi.
Menurut Kepala Dinas PU Pengairan, Ir Guntur Priambodo MSi, (22/2/2014) Mengatakan bahwa pembangunan irigasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian karena dengan adanya saluran irigasi tersier, air yang mengalir ke sawah lebih cepat sehingga sawah dapat panen tepat waktu. Selain itu,  dampak yang telah diperoleh dari irigasi ini,“Sekarang , dengan adanya perbaikan irigasi ini, retensi air menjadi lebih Meningkat,  sangat menguntungkan petani,” jelas Guntur.
Setelah berbicara irigasi, kata Guntur, tentunya masyarakat akan bertanya kalau irigasi cukup, akhirnya debit air lebih bahkan meluap, bagaimana kiat pemerintah dalam mengatasinya. Untuk mengatasi masalah banjir, kata Guntur, pemerintah telah membuat antisipasi banjir. Diantaranya, normalisasi dam, misalnya galian C.  Pembangunan embung-embung lapangan akan dilaksanakan secara massal di tahun 2014. Pemasangan patok-patok atau batasan-batasan yang ada di daerah sepadan sungai atau tanah stren.

“Selain itu juga terus disosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya banjir yang diakibatkan mampetnya saluran air. Sehingga masyarakat memiliki kesadaran membersihkan galian di sekitar wilayahnya,” kata Guntur.
Saat di Konfirmasi (22/2) Kepala Desa Benculuk Kecamatan Cluring, Isak mengatakan bahwa, “Saat ini saluran irigasi sebelah kantor desa yang akan masuk di sekolahan sudah di rehabilitasi bangunan saluran irigasi tersier. Dengan adanya bangunan masyarakat merasa senang sekali  dan sangat terima kasih kepada pemerintah Daerah Banyuwangi yang melalui Dinas Pengairan.  Akhirnya saluran irigasi saat  ini bisa lancar untuk mengairi sawahnya masyarakat, dan bermanfaat kepada masyarakat petani.” katanya Kades Isak.
(Mbah Din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger