Home » , » Panen Raya Buah Naga Di Pasok Pasar Lokal Juga Di Pasok Luar Banyuwangi

Panen Raya Buah Naga Di Pasok Pasar Lokal Juga Di Pasok Luar Banyuwangi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 05 Februari 2014 | 10.03

            
Banyuwangi Awdionline.com – Pemerintah Daerah kabupaten Banyuwangi, Bupati Abdullah Azwar Anas melakukan panen raya buah naga di Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Selasa (4/2). Buah naga merah merupakan salah satu komoditi hortikultura andalan Selain Buah Naga, Bangorejo Mempunyai Buah Jeruk dan juga mempunyai Pembibitan Jeruk Kabupaten Banyuwangi.

Luas lahan perkebunan buah naga  di Banyuwangi mencapai 678,8 hektar. Khusus Kecamatan Bangorejo luasnya  162,5 hektar. “Bangorejo menyumbangkan 20,36 persen komoditas buah naga dari total produksi buah naga,” ujar Bupati di sela memanen buah naga.

Produktivitas tanaman buah yang juga diikenal sebagai buah dewa ini, lanjut Bupati, perhektarnya mencapai 30 ton.  Pertahun Banyuwangi mampu menghasilkan 20.364 ton buah naga. “Kecamatan Bangorejo menjadi penghasil buah naga terbesar dengan total  produksi  3.750 ton per tahun,” kata Bupati. Buah naga tersebut selain memenuhi pasar lokal Banyuwangi juga di pasok ke Surabaya, Jakarta dan Bali.

Besarnya produksi buah naga itu juga seiring dengan peningkatan pendapatan yang signifikan bagi para petani. Ditambah, harga buah naga di pasaran lebih terkontrol karena buah naga lebih tahan lama  jika dibandingkan dengan komoditas lain seperti cabai atau tomat. “Peningkatan penghasilan petani buah naga sangat luar biasa. Jika harganya Rp. 10 ribu per kilo, coba berapa yang dihasilkan jika satu hektar menghasilkan 30 ton,” tutur Bupati.

Selain itu Bupati Anas juga mengungkapkan, potensi buah naga yang dimiliki Bangorejo dapat disinergikan dengan program ekowisata. Travel agen bisa membangun komunikasi dengan petani agar bisa bekerja sama pada saat musim panen buah naga. "Misalnya setelah dari Pulau Merah, wisatawan dapat dibawa kesini untuk memetik langsung buah naga dan makan disini," tambahnya. Kedepan menurut Bupati, Bangorejo akan dilaunching sebagai sentra buah naga dan agrowisata.
Sementara itu, tumbuhnya perekonomian masyarakat tersebut, di apresiasi oleh Pemkab dengan membangun infrastruktur di Kecamatan Bangorejo. Tahun ini, Pemkab akan membangun jalan di 17 titik senilai Rp 4,5 miliar, dan pembangunan irigasi.”katanya. ( Mbah Din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger