Home » , , » Bupati Azwar Anas Prihatin Sungai Penuh Sampah

Bupati Azwar Anas Prihatin Sungai Penuh Sampah

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Kamis, 10 April 2014 | 00.32

Bupati Azwar Anas Prihatin Sungai Penuh Sampah


Banyuwangi, Awdionline.com
“Jaga Kebersihan. Jangan buang sampah di sungai ya!” Nasehat itu acap kali terlontar dari bibir Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berpatroli “kebersihan” di kawasan pesisir Kota Banyuwangi. Bukan pagi hari saja atau saat berangkat ke kantor, pun perjalanan pulang kantor dimanfaatkan untuk melihat kondisi kota secara langsung dengan bersepeda. (8/4).
Seperti yang dilakukannya pada Selasa (8/3) sore tadi. Bupati Anas bersama belasan lurah blusukan melewati gang-gang kecil kota untuk memantau kebersihan, terutama sungai. Ada sejumlah sungai yang menjadi sorotan dari kegiatan tersebut. Di antaranya sungai yang ada di Kelurahan Karangrejo, sungai di Kampung Ujung dan lainnya. Sungai-sungai itu bermuara ke Pantai Boom.
“Tolong disini diberi tempat sampah, jangan lagi ada sampah dibuang di sungai,” perintah Bupati Anas, ke Lurah Kampung Mandar, Bambang Purwanto. Bupati Anas mengakui prihatin melihat kondisi sungai yang menjadi tempat buang sampah warga stren kali.
“Saya pening melihat ini (banyak sampah-red). Rencana akan saya perbanyak tempat sampah dan amrol (truk sampah) di sejumlah titik. Saya akan terus bersepeda on the spot selama sebulan ini sambil menggali solusi dari bawah,” kata Bupati Anas.
Namun harus diakui ini tidaklah mudah karena menyangkut budaya dan paradigma kebersihan lingkungan yang perlu kesabaran tinggi. Tapi saya optimis masyarakat bisa merespon baik hal ini," pungkasnya.
Pemkab Banyuwangi tengah gencar membangun sektor pariwisata pantai. Salah satu upaya yang dilakukan adalah revitalisasi pantai-pantai yang kumuh. Setelah pantai Pulau Merah, saat ini revitalisasi diarahkan ke Pantai Boom, yang tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Revitalisasi yang dilakukan menyeluruh. Bukan hanya menata kawasan pantainya, namun hulu sungai yang bermuara pada Boom juga menjadi perhatian. (Humas & Protokol)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger