Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 26 Mei 2014 | 21.57

Pesurfer Indonesia Pemenang Pulau Merah Banyuwangi Internasional Competition 2014

BANYUWANGI AWDI – Pesurfer asal Bali,  Indonesia Darma Putra keluar sebagai pemenang pertama Pulau Merah Banyuwangi Internasional Competition 2014. Darma berhasil meraih nilai exellent yakni 15.0 pada kategori Internasional Open di penjurian final yang digelar Minggu (25/5), di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi Jawa Timur (25/5).
Darma mengatakan dikompetisi kali ini ombak Pulau Merah lebih landai, hanya setinggi satu meter,  jika dibandingkan pada even yang sama  tahun lalu mencapai 3 meter. Namun kondisi ini tetap dimaksimalkan olehnya dengan melakukan beberapa manuver ketika diatas ombak. Salah satunya manuver Ariel yakni gerakan terbang diatas ombak. “Selain itu saya juga melakukan Flakter dengan bergerak vertikal diatas ombak,” kata Darma.
Putra Bali yang telah 9 tahun menekuni surfing ini menambahkan sebelumnya sering mengikuti kejuaran surfing tingkat Asia. Bahkan dia juga sering menjajal ombak setinggi 6 meter salah satunya di Pantai Gland, Banyuwangi. Sedangkan kemenangan Darma kali ini adalah untuk kedua kalinya  di Pulau Merah Surfing Competi ion, meski saat itu tidak menjadi juara pertama.
Sementara itu untuk pemenang kedua kategori internasional open ditempati oleh Black Satria dari Bali dan diposisi ketiga Darmayasa yang merupakan adik kandung pemenang pertama, Darma Yasa.
Selanjutnya kategori Internasional under 17 dimenangkan oleh Willi Weikum asal Rusia. Diposisi keduanya Carok Gunata dari Bali, diikuti Fathirian diposisi ketiga dan posisi keempat Julian Groom dari Perth, Australia.
Untuk kategori Internasional Ladies dimenangkan oleh Dhea Natasya, asal Banyuwangi. Dhea berhasil menyisihkan pesurfer Indonesia lainnya Salini Rengganis dari Pacitan, yang berada di posisi dua. Sedangkan pesurfer dari Jepang dan Korsel hanya menempati posisi tiga dan empat.
Sementara itu pada kategori nasional juara diisi oleh pertamanya adalah Raju Sena, asal Bali. “ Raju merupakan pesurfer profesional yang mewakili benua Asia di kejuaraan Rip Curl Grand Series,” kata  I Made Sudiarta salah satu juri di kompetisi ini.  Sementara di posisi kedua dimenangkan Andre Julian yang merupakan yang pernah mengikuti dua kali kejuaraan Surfing di Perancis. “Untuk kategori nasional under 17 pemenangnya Dian Herdiyanto dari Jawa Barat, posisi kedua Made Tedy, Bali dan pesurfer asal Jogja Irawan D. Asmoro diposisi ketiga,” tambahnya.
Sedangkan  di kelas lokal dimenangkan oleh Dhani Widyanto, pesurfer Pulau Merah. Dan kategori lokal pemula  diraih oleh Ivan Prihandoyo. “Ivan Prihandoyo sekaligus menjadi the best perform dari semua peserta lokal,” imbuh Made Sudiarta.
Sementara itu Ketut Menda mengatakan, penilaian kompetisi surfing dilakukan melalui beberapa poin penilaian seperti speed, power dan balancing. “Penilaian ini diantaranya melihat seberapa cepat dia mengejar ombak, dan keseimbangan selama di atas ombak,” kata Ketut.
Ketut melanjutkan, secara umum untuk penilaian disemua kategori juri menggunakan poin penilaian yang sama yakni speed, power dan balancing. Kemudian dilihat banyaknya manuver yang dilakukan selama di air. “Peserta yang perolehan nilainya tinggi rata-rata melakukan 5-6 manuver tanpa jatuh. Makin sulit gerakannya  makin tinggi nilainya” ujar yang telah memiliki sertifikat internasional itu.
Berikut nama-nama lengkap pemenanBanyuwangi g Pulau Merah Surfing Competition 2014:


Kategori Internasional Open:
1.    Darma Putra, Indonesia
2.    Black Satria, Indonesia
3.    Darmayasa, Indonesia
4.    Gogo S.Jaya, Indonesia


KategoriInternasional Under 17:
1.    Willi Wikum, Rusia
2.    Carok Gunata, Indonesia
3.    Fathirian, Indonesia
4.    Julian Groom, Australia


Kategori Internasional Ladies
1.    Dhea Natasya, Banyuwangi Indonesia
2.    Salini Rengganis, Pacitan, Indonesia
3.    Tamaki Tanokohi, Jepang
4.    Nana Lee, Korea Selatan
Kategori Nasional Open:
1.    Raju Sena, Bali
2.    Andre Julian, Bali
3.    Agus Julyantara, Bali
4.    Riman Jayadi, Bali


Kategori Nasional Under 17:
1.    Dian herdiyanto, Jawa Barat
2.    Made Tedy, Bali
3.    Irawan D. Asmoro, Yogyakarta
4.    Made Kusuma, Bali


Kategori Lokal Banyuwangi Open:
1.    Dhani Widyanto
2.    Risky eka
3.    Rosi Anggara
4.    Novi Rahman


Kategori Lokal Banyuwangi Pemula :
1.     Ivan prihandono
2.    Putra
3.    Feri
4.    Dodo


(humas)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger