Home » , , » Banyuwangi Perluas Peran Linmas

Banyuwangi Perluas Peran Linmas

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 29 Juni 2014 | 22.03

Banyuwangi Perluas Peran Linmas

Banyuwangi  Awdi - Peran Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang selama ini hanya sebatas keamanan wilayah kini diperluas fungsinya. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta personel Linmas turut berperan aktif dalam pelaksanaan program-program pembangunan, seperti sebagai tim pemburu kemiskinan, serta mendorong masyarakat memanfaatkan pusat layanan kesehatan.
Itu disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas saat apel Pengarahan Linmas dalam rangka pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil presiden RI 2014, di GOR Tawangalun, Jumat (27/6).
Di hadapan 8.700 personel Linmas, Bupati Anas mengatakan berbagai program pembangunan seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan masyarakat menjadi prioritas utama pemerintah daerah. Untuk mempercepat berhasilnya program tersebut, kata Anas, peran linmas perlu dioptimalkan karena perannya yang strategis berhadapan langsung dengan masyarakat.
"Seiring dengan program pembangunan kita yang berbasis desa, maka linmas yang  banyak tersebar di desa ini fungsinya perlu diperluas untuk membantu program pembangunan yang dilaksanakan di desa-desa. Jika program pembangunan jalan di tingkat desa maka beban pemerintah pun semakin ringan," kata Bupati.
Bupati melanjutkan,  peran serta Linmas yang bisa dilakukan seperti membawa warga miskin yang sakit ke puskesmas terdekat. Begitu juga apabila ada ibu hamil, ditanyakan apakah sudah memeriksakan kandungannya. "Kalau perlu diantarkan ke puskesmas atau posyandu terdekat," ujar Bupati.
Linmas juga diminta mengusulkan anak miskin berpretasi yang ada di desanya untuk mendapatkan beasiswa Banyuwangi Cerdas melalui kantor desa. "Saya juga minta linmas bisa ikut terlibat aktif dalam program pengentasan buta aksara, kalau masih ada Yu Nah, yu Tun yang belum bisa baca diantarkan ke kantor desa untuk ikut belajar bersama," pinta Bupati.
Dalam kesempatan apel tersebut Bupati Anas memberikan apresiasi kepada seluruh linmas dengan memberikan seragam baru. Anggaran yang sediakan mencapai Rp 6 milyar. "Kami ingin memberikan penghargaan bagi para Linmas yang telah berjasa menjaga keamanan daerah. mudah-mudahan bermanfaat," kata Bupati
Pengadaan seragam linmas ini langsung disambut optimis Achmad Yani, personel Linmas asal Desa Purwo Agung, Tegaldlimo. Menurut dia, pengadaan ini sangat membantu dia. "Setelah 13  tahun menjadi Linmas, baru kali ini kita dikasih seragam. Apalagi dikumpulkan seperti ini yang bisa langsung ngomong dengan Pak Bupati, juga Pak Kapolres," ujarnya bangga.


(humas)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger