Home » , » Tradisi Arung Kanal Akan Di Mulai Bangorejo

Tradisi Arung Kanal Akan Di Mulai Bangorejo

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 04 Juni 2014 | 21.46

Tradisi Arung Kanal Akan Di Mulai Bangorejo


Kades Iksan dan Muspika Bangorejo
Banyuwangi Awdionle.com - Tradisi Arung Kanal Salah satu obyek wisata tahunan yang ada di Desa kebondalem Akan di mulai di sungai Sampean Dusun tanjung rejo, Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, (4/6).
Nantinya Balang Apem “Arung Kanal” yang sentral penyelenggaraannya berada di Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, Arung Kanal berasal dari kata Arung dan Kanal. Arung mempunyai arti mengarungi/berjalan mengarungi. Sedangkan Kanal pengertiannya adalah terusan/saluran/sungai. Definisi ‘Arung Kanal’ berarti pelayaran mengarungi sungai.
Ketua Tim Perancang Perahu Hias Asal Dusun Tanjungrejo RT. 02.RW.02 Desa kebondalem pak, Tatak 54  mengatakan bahwa sekarang ini semua masyarakat merancang perahu hias dengan jumlahnya 13 perahu hais yang akan di totonkan kepada masyarakat banyuwangi pada tanggal 20 - 21 Juni tahun 2014.
Saat ini masayarakat Dusun tanjungrejo mulai merancang perahu hias ini ada dana dari panitia Arung Kanal, dengan ukuran panjang 20 meter dan lebar 6 mater dengan biaya satu perahu hias sebesar Rp. 7.500.000,dan juga ada yang ukuran panjang 13 meter lebar 4 meter. Dengan anggran satu perahu hias sebesar Rp.4.500.000.Semua ini yang membiayai panitia Arung Kanal Desa Kebondalem.”kata pak Tata.


salah seorang warga merancang perahu hias
Ketika dikonfirmasi (4/6) kepala Desa Kebondalem iksan SH. Mengatakan dengan biaya Arung Kanal sekisar Rp. 200 Juta rupiah, Pelaksana Kegiatan Arung Kanal di mulai tanggal 20-21 Juni 2014 mendatang. “Memang benar apa yang dikatakan masyarakat itu, memang sekarang ada 13 Kelompok dari masyarakat Desa kebondalem telah persiapan membuat atau merancang Perahu Hias, Ada yang ukuran Besar dan ada yang Ukuran Sedang dan ada yang kuran kecil, semua biaya itu memang di biayai oleh panitia penyelenggara Arung Kanal Desa Kebondalem kecamatan Bangorejo.
Iksan menambahkan kegiatan ini sudah adat setiap tahun sekali di laksanakanm “Namun kegiatan Arung Kanal dilaksanakan dengan tahun yang genab tahun 2014. Kalau tanhun yang ganjil seperti tahun 2015 untuk kegiatan Lintas Serawet. Tapi Sebelum digelar ritual Balang Apem ‘Arung Kanal’, diawali dengan berbagai macam kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan ribuan masyarakat antara lain. Lomba Miniatur perahu hias, Renang gembira, pin Swimming, Serasehan petani se kabupaten banyuwangi, Kirab Drum bend, Pegeralaran music dan seni Tradisinal dan Gerbek lele (menangkap ikan lele dari sungai sampean).
Dengan Acara Arung Kanal dihadiri leh Gubernur jawa Timur sama wakil Gubernur Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi dan Jajaranya, Dinas Pariwisata Jawa Timur, Dinas Pariwisata Kabupaten banyuwangi, “Karena Panitia Arung Kanal Sudah mendatangi Gubernur Jawa Timur. Sedangkan Gubernur Jawa Timur siap hadir di acara Arung Kanal yang ada di Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi. “kata kades Iksan. (din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger