Home » , » Sulit Air, Para Petani Cari Sisa-Sisa Air Disungai

Sulit Air, Para Petani Cari Sisa-Sisa Air Disungai

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 27 Oktober 2014 | 21.31

Sulit Air, Para Petani Cari Sisa-Sisa Air Disungai

Banyuwangi, Awdionline.com -  Dengan kurangnya debit air dari sungai sampean Blogagung, para petani keluhkan disaat mengairi sawahnya. (26/10).
Sebab masyarakat petani yang ada di wilayah kecamatan Tegaldlimo, Kecamatan Muncar, kecamatan cluring, kecamatan purwoharjo, kecamatan bangorejo, dan kecamatan siliragung, kabupaten Banyuwangi. Menfaatkan sisa-sisa  air saat sepai disungi, disedot menggunakan mesin pompa air.
Karena selama ada musim kemarau itu,  memang turunya debit air telah berkurang tersebut, petani sambil menunggu giliran dari petugas korek air yang ada  di bebrapa wilayah masing-masing.”Keluh petani meseri.
Tambah meseri, memang saat ini, selama musim kemarau ini, petugas korek air, telah membagi  air kepada petani agar semua kebagian air, biar tidak merata saat saat giliran, yang penting bisa mengairi sawahnya.
Korek air telah membagi disetiap bebrapa hari sekali,  ada yang mendapat giliran 4 hari 4 malam, yang ada di setiap wilayah korek air.”papar petani meseri.
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi, Ir Guntur Priambodo, melalui Kabid Oprasi dan Pembangunan (0&P) Banyuwangi, Supriadi menjelaskan bahwa sekarang ini memang Debit air berkurang yang ada di sungai sampean blogagung.
Semua petugas Dinas pengaiaran,  telah membagi air yang ada di setiap Korek air diwilayah masing-masing yang ada di dibeberapa kecamatan. Agar para petani bisa mengaiari sawahnya.
Kalau memang ada masyarakat petani yang kurang puas dengan saat giliran air, memang keadaan saat ini musim kemarau pan jang.sedangkan debit air berkurang drastis.yang ada di sungai blogagung.
Kalau Memang ada masyarakat petani menggunakan mesin pompa air, yang mengambil air disungai untuk menyedot air, tidak bermasalah, yang penting air dimanfaat kan untuk tanaman. Yang penting dinas pengaiaran sudah mengupayakan sebaik mungkin untuk petani.”kata Kabid Pengairan. (din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger