Home » , » WAPRES JK BUKA RAPIMNAS KADIN 2014

WAPRES JK BUKA RAPIMNAS KADIN 2014

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Selasa, 09 Desember 2014 | 02.00

WAPRES JK BUKA RAPIMNAS KADIN 2014

Jakarta, Awdionline.Com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Hotel Pullman - Central Park, Jakarta Barat, Senin (08/12).

Kadin menggelar Rapimnas dengan tema “Mengembalikan Kejayaan Ekonomi Maritim untuk Kesejahteraan Rakyat”. Rapimnas ini memfokuskan pada 3 agenda antara lain:
Pertama, membangun identitas sebagai negara maritim dengan mengembangkan kemampuan untuk mengelola laut menjadi sumber kesejahteraan rakyat dan menjadi poros maritim dunia sesuai dengan apa yang dicita-citakan Pemerintah. “Kadin sangat mendukung pengalihan subsidi BBM ke sektor produktif yang akan memberikan sedikit keleluasaan bagi Pemerintah untuk membiayai sektor sektor sosio ekonomis yang dibutuhkan oleh rakyat banyak, terutama petani, nelayan, serta rakyat miskin di pedesaan,” kata Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto dalam sambutannya.

Menurutnya, pengalihan subsidi BBM perlu diarahkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan logistik kelautan, seperti perbaikan dan pembangunan pelabuhan-pelabuhan, penguatan industri galangan kapal, industri perikanan, dan pariwisata.

Kedua, memanfaatkan realokasi subsidi BBM untuk memperkuat struktur perekonomian Indonesia dengan memperbaiki sisi pasokan dari perekonomian Indonesia, dengan memantapkan infrastruktur yang mendukung program swa-sembada pangan dan memperdalam struktur perindustrian Indonesia.

Ketiga, perubahan arah kebijaksanaan fiskal juga dapat digunakan untuk mengatasi kesenjangan antar pendapatan dan antar wilayah dengan mendorong pembangunan daerah secara merata. Menurut Suryo, upaya harus dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan logistik di daerah-daerah, terutama di kawasan Timur Indonesia agar dapat mendorong pusat-pusat pertumbuhan daerah yang berbasis lokal, sehingga terjadi transformasi keunggulan komparatif daerah menjadi keunggulan kompetitif daerah. (AGUNG 6444)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger