Home » » Konsolidasi Regional GKI SW JATIM Dan Gusdurian

Konsolidasi Regional GKI SW JATIM Dan Gusdurian

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Senin, 09 Februari 2015 | 21.07

Konsolidasi  Regional  GKI  SW  JATIM  Dan  Gusdurian

Pemuka Agama Budha Maha Vihara Trowulan Mojokerto
Mojokerto, Awdionline.com - Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah  ( GKI SW ) Jawa Timur dan jaringan GusDurian menggelar pertemuan guna menyikapi perbedaan antar umat beragama di Maha Vihara Mojopahit Trowulan  Mojokerto . Sabtu ( 17 /01 ).
Dalam pertemuan konsolidasi regional mengambil thema “ Perbedaan semakin membuat kita kuat “. Di diskusikan berbagai penyebab konflik , permusuhan antar agama  dan bagaimana mencari jalan keluar penyelesaian  masalah khususnya kehidupan beragama di wilayah Jawa Timur.

Konsolidasi Regional GKI SW Jawa Timur dan GusDurian  di buka dengan kata sambutan oleh Pdt Natanael Sigit Wirastanto sebagai pendamping komisi Network Sinode Klasis Bojonegoro dan kemudian di lanjutkan diskusi yang dipimpin oleh ketua panitia Andreas Kristanto dengan pembicara (nara sumber) dari Jaringan GusDurian Gus Aan Anshori dan dari GKI Pdt Simon Filantropha.

Pendeta GKI Jawa Timur , Simon Filantropha  aktif dalam gerakan Oikuminis dan kemasyarakatan  mengatakan masih banyak kewajiban bersama dan kerja kemanusiaan seperti kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kesetaraan gender  dan perbedaan status sosial  kemanusiaan.

“ Semua ini menjadi keprihatinan kita bersama sebagai anak bangsa juga sekaligus peluang untuk melakukan aksi nyata di tengah masyarakat.  Agama  yang hidup adalah Agama yang justru  bersinggungan dengan realitas sosial”, kata Pdt Simon Filantropha.

Koordinator jaringan GusDurian Jawa Timut  Aan Anshori  mengungkapkan bahwa sudah saatnya GKI SW Jawa Timur dan jaringan GusDurian menjaga Pluralisme agar tercipta keharmonisan dan kedamaian kehidupan antar umat beragama .

“ Kalau ada yang mengganggu gereja, merusak ataupun sampai membakar tempat ibadah itu bukan orang yang cinta terhadap Indonesia  semua Agama meminta pada umatnya untuk menebarkan nilai-nilai kebaikan “, kata Gus Aan Anshori.  Menurut  Gus Aan Anshori , fihak-fihak tertentu yang tidak ingin menjaga toleransi  merupakan orang yang melupakan kometmen bangsa Indonesia untuk tercipta kondisi damai, tenteram.

Sedangkan ketua panitia ,Andreas Kristanto mengungkapkan bahwa konsolidasi Regional adalah untuk menghimpun perwakilan dari gereja  (GKI ) dan kader GusDurian  di tiap daerah agar supaya  melakukan aksi – aksi  kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat , memperkuat jaringan Solidaritas anak bangsa untuk menyelamatkan NKRI dan mengkampanyekan gerakan  toleransi anti kekerasan dalam kehidupan perbedaan.

Dalam pertemuan  ini juga disepakati apa yang mereka sebut “ DEKLARASI TROWULAN “ .Sebuah  kometmen bersama GKI SW Jatim dan jaringan GusDurian untuk menghentikan diskriminasi dan mempertahankan keragaman , saling memperkuat ikatan atas dasar  kesamaan identitas sebagai anak bangsa dan memperkuat perbedaan yang ada  menjadikan modal untuk bersatu mewujudkan  kehidupan  yang  dan damai di Negara kita Indonesia. (Bbh)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger