Home » , , » Menjelang Nyepi Umat Hindu, Pawai Ogoh-Ogoh Desa Sumbersewu Muncar Banyuwangi

Menjelang Nyepi Umat Hindu, Pawai Ogoh-Ogoh Desa Sumbersewu Muncar Banyuwangi

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 20 Maret 2015 | 21.35

Menjelang Nyepi Umat Hindu, Pawai Ogoh-Ogoh Desa Sumbersewu Muncar Banyuwangi

Banyuwangi, Awdionline.com - Menjelang Hari Raya Nyepi, tahun baru 1937 Caka, umat Hindu wilayah kecamatan Muncar dan kecamatan Srono, kabupaten Banyuwnagi, Pawai Ogoh-ogoh jumaat (20/3).
Peserta pawai ogoh-ogoh yang mengikuti umat hindu dari empat Desa,  itu Desa Sembersewu, Desa Kumendung, Desa Tembokrejo, Kecamatan muncar, dan Desa Rejoagung, Kecamatan Srono. Banyuwangi.
Puluhan umat Hindu di empat Desa, memang sebelum Menjelang Hari Raya Nyepi, anak-anak muda umat hindu  telah mengarak ogoh-ogoh sambil membawa mobil itu menmepuh jarak 25 kilo meter. Nanti seluruh  ogoh-ogoh itu dalam tawur agung. ‘Tidak beda dengan tahun sebelumnya. ogoh-ogah yang dibuat itu hampir semua berbentuk raksasa. Kata Kades Sumberswu Moh Daduri.
Ketua Parisade Puro Agung, Drs. Biso Warno, Dengan tema pencucian diri dan alam semesta  menju peningkatan kuwalitasnya. Tetapi kirap atau pawai ogoh-ogoh ini sudah menjadi kewajiban tiap tahun. Sekali.  yakni saat akan hari Nyepi. Setiap pura yang tersebar di setiap Desa  wajib membuat ogoh-ogoh.”Nanti ogoh-ogoh akan di bakar  setengah malam. selesai diarak bersama dalam acara ‘Riwut Agung di lapangan Desa Sumbersewu, Kecamatan muncar,’ katanya.
Pembuatan ogoh-ogoh pale semarak dan besar di wilayah Kabupaten Banyuwangi, terang dia, itu di Kecamatan Muncar dan Srono. Di dua kecamatan itu, seluruh pura yang ada saling berlomba membuat ogoh-ogoh. Mereka tidak segan-segan mengeluarkan biaya dalam jumlah besar. Pembuatan itu biasanya menghabiskan waktu tiga minggu hingga satu bulan.” ujarnya.
Persiapan pale semarak terlihat di Desa Kumendung dan Desa Sumbersewu. Dua desa yang 25 persen penduduknya umat  Hindu itu mulai menyiapkan ogoh-ogoh sejak sepekan lalu. Dari empat pura  yang ada, seluruhnya siap mengerahkan ogoh-ogoh kreasi masing-masing. “imbuhnya Biso warno.
Kapolsek Muncar Kompol Agus  Dwijatmiko mengatakan bahwa pengawalan pawai ogoh-ogoh itu, anggota Polsek Muncar, Polsek Srono, pecalang dan Senkom itu, telah mengawal mulai Start dan finis di lapangan Sumbersewu, kecamatan Muncar. Telah mengawal kegiatan Kirap atau pawai ogoh-ogoh.
Agar saat pengawalan pawai ogoh-ogoh yang di lakukan oleh anggota kepulisian itu, supaya  berjalan tertip, aman dan lancar di saat melalui jalan raya , rute yang di lalui jalan raya  Sembersewu, Muncar, srono dan jalan wonosobo itu, “terangnya. Kapolsek Muncar  Kompol Agus. (jaenudin)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger