Home » » Bupati Cilacap Panen Padi Dengan Gunakan Mesin Combine

Bupati Cilacap Panen Padi Dengan Gunakan Mesin Combine

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 17 April 2015 | 21.05

Bupati Cilacap Panen Padi Dengan Gunakan Mesin Combine

Cilacap, FD - Humas Cilacap. Gapoktan Karya Sejahtera desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur bersama dengan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melalukan panen padi jenis Logawa dengan menggunakan mesin panen, Rabu (08/04).
Camat Dayeuhluhur Rosikin dalam laporannya menyampaikan, produksi padi di Kecamatan Dayeuhluhur dalam tiga tahun terakhir hasilnya cukup menggembirakan. Pada tahun 2013 total produksi padi dengan luas areal persawahan 5.953 hektar, menghasilkan padi sebanyak 33.927,85 ton atau per hektarnya mencapai 5,71 ton.
Tahun 2014 dengan luas areal panen 5.948 hektar, total produksi padi yang dihasilkan mencapai 33.464,36 ton atau per hektarnya mencapai 5, 72 ton. Sedang pada tahun 2015 dengan luas lahan panen 6.909 hektar, mampu menghasilkan padi sebanyak 41.693 ton atau 6 ton per hektar.
Camat Rosikin juga menambahkan, dalam rangka peningkatan produksi beras beras nasional/P2BN dan mendukung program swasembada pangan nasional, Kecamatan Dayeuhluhur melaksanakan upaya khusus/Upsus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai.
Dalam pelaksanaan Upsus tersebut, Babinsa dan penyuluh bersinergi dengan pembagian tugas penyuluh memberikan bimbingan teknis/transfer tehnologi, sedang Babinsa berperan sebagai penggerak dan motivator dilapangan.
Hal itu dilakukan untuk memenuhi sasaran produksi padi, jagung dan kedelai tahun 2015, dengan target untuk padi sebesar 860.746 ton, Jagung 27.254 ton dan kedelai sebesar 4.184 ton. 
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut mengatakan, areal persawahan di Kabupaten Cilacap yang mencapai 64 ribu hektar merupakan potensi yang sangat besar bagi peningkatan produksi pertanian, dan peningkatan kesejahteraan petani serta masyarakat Kabupaten Cilacap.
Lebih lanjut dikatakan, cadangan pangan Kabupaten Cilacap berdasarkan data yang ada produksi beras hingga akhir 2014 sukup tinggi yakni mencapai 810.310 ton.Dari produksi tersebut, Kabupaten Cilacap mampu mencapai surplus beras sebanyak 349.212 ton.
Dengan keberhasilan tersebut, lanjut Bupati, Cilacap optimis di tahun 2015 target produksi beras akan semakin tinggi dan surplus beras di Kabupaten Cilacap juga akan semakin meningkat.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Cilacap menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani Dayeuhluhur, Karangpucung, Cimanggu dan Majenang antara lain, bibit tanaman jahe, manggis dan klengkeng, bantuan pupuk, pompa air, dan hand traktor. (Wan – Tun)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger