Home » , » Gubernur DKI Jakarta Resmikan Ruang Publik

Gubernur DKI Jakarta Resmikan Ruang Publik

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Sabtu, 06 Juni 2015 | 21.57

Gubernur DKI Jakarta Resmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)
Kembangan Jakarta Barat

AwdiOnline.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kembangan di Lapangan Kompas, Rw.01 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan - Jakarta Barat, Jum'at (05/06).
    Gubernur mengatakan RPTRA dirancang sebagai tempat sosialisasi dan berkumpul masyarakat. Tempat ini untuk masyarakat, mulai dari janin hingga lanjut usia. Pada prinsipnya RPTRA dimanfaatkan sebagai ruang publik. Nantinya tempat ini menjadi sentral kegiatan masyarakat. "Sama dengan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di tingkat lurah dan camat, dimana mereka melayani keperluan masyarakat dalam satu atap," jelasnya.
    Rencana ke depan Pemprov DKI mentargetkan pembangunan 60 RPTRA di seluruh wilayah DKI tahun 2015. Sedang tahun depan menjadi 150 RPTRA. "Saya minta kepada pimpinan wilayah untuk mencari lahan yang nantinya akan dibuatkan RPTRA. Kalau tidak salah, Jakarta Barat baru bangun 8 RPTRA, 11 RPTRA Jakarta Pusat dan 11 RPTRA Jakarta Timur," sebutnya.
    Gubernur juga menyampaikan soal pemanfaatan RPTRA sebagai tempat usaha pedagang kaki lima (PKL). Tapi, PKL yang berada di lingkungan RPTRA harus dikelola dengan baik. "PKL juga bisa ditata di RPTRA. Jadi jangan sampai ada oknum atau preman yang menjadikan PKL tambah banyak,” tandasnya.
    Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise menyampaikan apresiasi peresmian RPTRA Kembangan. Menurutnya, RPTRA banyak memiliki manfaat, terutama untuk menumbuhkembangkan anak. "Pemprov DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang dijadikan provinsi layak anak," tuturnya.
    Ketua TP PKK DKI Jakarta Veronica Basuki, mengatakan RPTRA sebagai media untuk pelatihan dan penyuluhan PKK. Peresmian RPTRA Kembangan merupakan yang ke empat. Sebelumnya, Pemprov DKI telah memiliki enam RPTRA percontohan di sejumlah wilayah Jakarta. Selain di Kembangan, RPTRA dibangun di wilayah Jakarta Timur hingga Kepulauan Seribu. "Satu lagi RPTRA di Pulau Untung sedang dalam pembangunan," tutur Veronika.
    Peresmian RPTRA Kembangan ditandai penandatanganan prasasti oleh Gubernur dan penandatanganan kerjasama dengan sejumlah universitas di Jakarta, seperti UNJ, Usakti dan lainnya. Usai meresmikan, Gubernur didampingi Walikota dan sejumlah pejabat meninjau RPTRA Kembangan.
    Acara peresmian tersebut sekaligus puncak Bulan Bakti Gotong Royong Manunggal (BBGRM) ke-XII, Hari Kesatuan Gerakan PKK (HKG-PKK) ke-43 dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-XXII. Kegiatan diisi sejumlah stand dari CSR dan kegiatan PKK, seperti BKB PAUD, Posyandu, Donor Darah, Sunatan Massal, dan lainnya.
    Turut hadir antara lain: Kasdam Jaya Brigjen TNI Ibnu Tri Widodo, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono, Ketua TP PKK DKI Veronica Basuki, Ketua TP PKK Jakbar Hj Supriyanti Anas, Walikota Jakarta Barat HM. Anas Efendi, Dandim 0503/JB Letkol Inf M.Asmi, Waka Polrestro Jakarta Barat AKBP Bahtiar Ujang dan para pejabat Pemprov DKI.. (Agung 6444)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger