Home » , » BAKESBANGPOL Mengadakan Sarasehan Forum Pembauran Kebangsaan

BAKESBANGPOL Mengadakan Sarasehan Forum Pembauran Kebangsaan

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Kamis, 24 September 2015 | 22.57

BAKESBANGPOL Mengadakan Sarasehan Forum Pembauran Kebangsaan

Tema: “Membangun Pola Pikir, Pola Ucap, Pola Sikap dan Tindakan dalam Merajut Kebhinekaan”

Banyuwangi, AWDI Online.com Tepatnya Pada hari Rabu Tanggal 16 September 2015 bertempat di Aula Hotel Tanjung Asri Jalan Mawar Banyuwangi, Bidang Bina Ideologi, Pembauran dan Wawasan Kebangsaan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyuwangi mengadakan Kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan dengan Tema “Membangun Pola Pikir, Pola Ucap, Pola Sikap dan Tindakan dalam Merajut Kebhinekaan”. Kegiatan yang berlangsung pada pukul 07.00 Wib yang dihadiri ± 300 Orang yang terdiri dari Unsur Etnis/Suku yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi (Yusuf Widyatmoko,S.Sos) yang di dampingi Kepala Bakesbangpol (Drs.Djafri Yusuf,MM), Ketua FPK Baru (Miskawi,M.Pd) dan Sugihartoyo, SH.,MH yang bertugas sebagai Narasumber.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Yusuf Widyatmoko, S.Sos) memberikan motivasi bahwa dengan diselenggarakannya Forum tersebut dapat menjadi momentum saling mengenal dan menjalin hubungan silaturahmi antar komunitas dalam upaya untuk memperkokoh Wawasan Kebangsaan yang ada di Kabupaten Banyuwangi.
Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten yang unik karena terdiri dari ras, suku dan etnis yaitu Using, Madura, Bali, Thionghoa, Jawa, Maluku, Arab, Minang, Sulawesi, Padang dan sebagainya. Oleh karena itu, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)  ini perlu ditindak lanjuti pembentukannya baik di  Tingkat Kabupaten Banyuwangi yang akan diteruskan hingga ketingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa,” Tegas Wabup.
Selanjutnya Fungsi dari FPK sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga yang terdiri dari pemuka masyarakat dari berbagai ras, suku dan etnik setempat dalam upaya menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan Pembauran Kebangsaan kearah yang positif dan bermanfaat, serta dapat memecahkan setiap permasalahan, perselisihan antar warga secara damai dengan cara musyawarah-mufakat atas dasar kekeluargaan.
Di akhir sambutannya, Wabup juga berpesan semoga melalui sarasehan interaksisosial yang demikian ini para peserta mempunyai bekal pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dengan baik serta dapat mendorong tumbuhnya Wawasan Kebangsaan bagi tiap-tiap Warga Negara  demi keutuhan NKRI. Selanjutnya acara diisi materi oleh Ketua FPK Banyuwangi (Miskawi, M.Pd) danSugihartoyo, SH.,MH. Akhir kata, Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan tertib dan lancar. (Kesbang/ind/D.J)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger