Home » » PUPUK HAYATI RIYOGEN CAIR MEMILIKI BANYAK MANFAAT

PUPUK HAYATI RIYOGEN CAIR MEMILIKI BANYAK MANFAAT

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Rabu, 28 Oktober 2015 | 23.11

PUPUK HAYATI RIYOGEN CAIR MEMILIKI BANYAK MANFAAT

Ciamis (Ciamis AWDI), untuk mewujudkan petani yang modern dan mandiri ketua gapoktan raksamaya desa banagara kab. Ciamis, kosim mengajak para petani untuk kembali kepupuk organik, hal ini disampaikan minggu (26/2015)dalam acara panen percontohan sayuran diahan pertanian desa banagara kab. Ciamis dalam acara percontohan sayuran yang juga hadir diantaranya kepala desa banagara Burhanudin. SP anggota Kodim 0613 Ciamis Bagus. S, ketua DPC AWDI (Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia) ciamis Mat Robby, BSC.
Disela-sela acara tersebut kepala desa banagara Burhanudin, SP berterima kasih kepada ketua gapoktan Raksamaya Kosim yang telah berhasil dalam bercocok tanam dengan menggunakan pupuk organik, Burhanudin juga mengatakan agar lebih maksimal selain mengguakan pupuk organik cair juga ditambah dengan pupuk kompos (Kandang) gunanya adalah untuk meningkatkan kesuburan tanah memperbaiki struktur dan karakteristik tanah.
Disamping itu juga ketua gapokta raksamaya kosim yang juga didampingi tiga orang actuiting yakni, Ogi, Heru dan yadi sebagai penggerak dalam prodak hayati riyogen cair di kab. Ciamis. Memperkenalkan “Hayati riyogen cair“ yang fungsinya terdapat dua peran utama, hayati riyogen cair dalam budidaya tanaman yakni sebagai pembangkit kehidupan tanah (soil regenerator) dan menyuburkan tanah kemudian tanah memberi makan tanaman (feeding the soil that feed the plant).
Hayati riyogen cair adalah salah satu mikroba perombak yang dapat membantu mempercepat proses pengemposan bahan organik menjadi pupuk organik yang siap diberikan untuk tanaman, permentan no. 2 tahun 2006 menggolongkan hayati riyogen cair kedalam pembenah tanah yang aktifitasnya dapat memperbaiki tingkat kesuburan Ph tanah.
Dampak dan bahaya dalam penggunaan pupuk kimia secara terus menerus akan menjadi resistensi hama terhadap pestisida pertanian, pupuk adalah zat baik sintetis atau organik yang ditambahkan untuk meningkatkan patokan nutrisi penting yang meningkatkan pertumbuhan tanaman dan vegetasi didalam tanah namun dalam penggunaan pupuk kimia yang berlebihan justru akan merusak kesuburan tanah itu sendiri.
Pupuk kimia adalah pupuk yang dibuat oleh pabrik-pabrik pupuk dengan meramu bahan-bahan anorganik berkadar hara tinggi, pupuk kimia juga terdiri dari zat dan bahan kimia seperti metama, karbon dioksida, dan hitrogen hal ini pada saatnya akan meyebabkan pemanasan global dan perubahan cuaca bahkan nitrous oxide (nos = > nitro oxid) yang sangat berbahaya jika terkena anggota tubuh maka anggota tubuh akan beku dan putus. Alhamdulilah sebagian besar Desa Imbanagara sudah memakai pupuk organic Hayati riogen cair.

(mat robby)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger