Home » » Bangun 30 Pospam Demi Keamanan Natal Dan Tahun Baru 2016

Bangun 30 Pospam Demi Keamanan Natal Dan Tahun Baru 2016

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Kamis, 24 Desember 2015 | 21.40

Bangun 30 Pospam Demi Keamanan Natal Dan Tahun Baru 2016

Anggota Lantas Polres Banyuwangi mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Smeru 2015 bersama pasukan gabungan lain di RTH Blambangan
BANYUWANGI – AWDI Online.com Perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 di Banyuwangi dijamin keamanannya. Ada 781 personil gabungan yang siap melakukan pengamanan di 30 pospam yang tersebar di seluruh penjuru Bumi Gandrung.
Sebanyak 440 personil pengamanan ini berasal dari Polres Banyuwangi. Sedangkan 341 personil lagi dari unsur samping meliputi Kodim 0825, TNI AL, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Linmas, dan Senkom. Pasukan gabungan (Pasgab) ini bertugas mengamankan dua hari besar nasional  yang jatuh pada akhir dan awal tahun ini selama 10 hari.
“Masa tugasnya secara resmi sejak 24 Desember 2015 sampai 2 Januari 2016. Tapi pasukan gabungan telah menempati pos pengamanan (pospam) sejak pukul 19.00 WIB, Rabu (23/12/2015),” terang Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2015 di RTH Blambangan, Banyuwangi, Rabu (23/12/2015) pagi.
Ada tiga tugas pokok pasukan gabungan dalam operasi ini. Selain mengamankan perayaan Natal dari aksi teror, pasgab juga wajib mengamankan warga yang merayakan tahun baru agar merasa nyaman. Termasuk mengatur arus transportasi darat, laut dan udara agar tidak mengalami masalah.
“Natal di gereja harus steril dari teror bahan peledak. Maka petugas harus melakukan pemeriksaan ruangan sebelum perayaan digelar. Untuk perayaan tahun baru aparat akan berugas di lokasi hiburan. Ini untuk antisipasi aksi kriminal dan premanisme yang bisa jadi muncul di lokasi wisata maupun hiburan,” sambung Kapolres.
Terkait pengamanan di lokasi wisata, dari 30 pos pengamanan yang didirikan setengahnya berada di sana. Menurut AKBP Bastoni Purnama langkah ini untuk memberi rasa aman pengunjung saat menikmati liburan tahun baru.
“Lima belas pospam di obyek wisata dan lima belas lagi di jalan raya maupun obyek vital. Khusus diPelabuhan Ketapang akan melibatkan aparat Polsek KP3 Tanjungwangi, Satpolair dan TNI AL,” tambahnya.
Masalah kemacetan yang biasa muncul di Pelabuhan Ketapang, aparat juga telah menyiapkan tiga kantong parkir cadangan mengantisipasi bila parkir Pelabuhan ASDP maupun LCM penuh. Tiga lokasi itu antara lain di Pelindo, Stasiun Kereta Api Banyuwangi Baru dan Terminal Sritanjung depan Markas Satpolair Polres Banyuwangi.
“Aruslalulintas akan diatur oleh petugas yang siaga di sana,” tegasnya.
Mengenai pesta  api aparat akan memberi toleransi. Khusus penyalaan kembang api di area wisata yang jauh dari obyek vital dan permukiman penduduk dibolehkan. Larangan diberlakukan apabila menyalakan kembang api di lokasi padat penduduk dan obyek vital karena rawan kebakaran.(HUMAS POLRES / Djoni)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger