Home » » MITIGASI BENCANA MACHUNG DAN GKI SINWIL JATIM DI WOT GALIH LUMAJANG

MITIGASI BENCANA MACHUNG DAN GKI SINWIL JATIM DI WOT GALIH LUMAJANG

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Kamis, 04 Februari 2016 | 21.25

MITIGASI BENCANA MACHUNG DAN GKI SINWIL JATIM DI WOT GALIH LUMAJANG

Lumajang, AWDI online - Komunitas pemerhati lingkungan Universitas Machung Malang bersinergi dengan GKI Sinode Wilayah Jatim, Laskar Hijau dari Klakah, Selok Awar awar  dan Pondok Pesantren  Nurulisan  Desa Wot  galih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang  ,Tokoh tokoh umat Kristen Katolik dan Tokoh tokoh Agama Hindu, Budha, mengadakan penanaman pohon mangrove (bakau) di pantai Dusun Meleman Desa Wot galih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang guna penghijauan wilayah pantai  Meleman Wot galih Yosowilangun.
Menurut keterangan salah satu tokoh masyarakat setempat bahwa pantai pasir di wilayah dusun Meleman Desa Wot galih ini adalah salah satu wilayah pantai yang masih murni belum terjamah oleh para penambang pasir seperti di daerah daerah kecamatan lain sekitar  Lumajang, dan menurut keterangan tokoh masyarakat tersebut bahwa ijin penggalian pasir di wilayah ini sudah terbit dan sampai hari ini masih belum di cabut tetapi tidak bisa melaksanakan aktifitas penambangan di karenakan ditentang oleh masyarakat sekitas.
Menjawab tantangan ini GKI Sinwil Jatim, Universitas Machung, Ponpes Nurulisan beserta tokoh tokoh lintas Agama beserta aktifis pemerhati lingkungan mengadakan pembelajaran tanggab bencana dan secara nyata mengadakan penghijauan di pesisir pantai Meleman.
Senin (01/02) – Rabo(03/03)  Dosen Universitas Machung Daniel (Fak ekonomi),Pdt DR Simon Filantropa( GKI Sinwil Jatim),KH Piilmadi (Ponpes Nurulisan),Romo Wawan (Tokoh Katholik dari Surabaya) menyampaikan materi   mitigasi bencana  di Desa Wot galih Kec Yosowilangun.
Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk  mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran  dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencan (pasal 1 ayat 6 PP Tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana). Bencana sendiri adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam , mengganggu kehidupan  dan penghidupan masyarakat  yang disebabkan, baik oleh factor alam dan/atau factor non alam maupun factor manusia hingga mengakibatkan timbulnya korban nyawa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologi. Bencana dapat berupa kebakaran, tsunami, gempa bumi, letusan gunung api dan  banjir,longsor, badai tropis dan lainnya . Kegiatan mitigasi bencana  diantaranya diperkenalkan : dengan pengenalan dan pemantauan risiko bencana, perencanaan partisipasif penanggulangan bencana,pengembangan budaya sadar bencana,penerapan upaya fisik non fisik dan pengaturan penanggulangan bencana, identifikasi dan pengenalan terhadap sumber bahaya ancaman bencana, pemantauan terhadap  pengelolaan sumber daya alam, pemantauan terhadap penggunaan tehnilogi tinggi, pengawasan terhadap tata ruang dan pengelolaan lingkungan hidup.
Berdasarkan siklus waktu , kegiatan penanganan bencana dapat dibagi empat katagori, pertama kegiatan sebelum bencana terjadi ( mitigasi ), ke dua kegiatan saat bencana terjadi  (perlingan dan evakuasi ), ke tiga  kegiatan tepat setelah bencana terjadi ( pencarian dan penyelamatan), ke empat kegiatan pasca bencana ( pemulihan / penyembuhan dan perbaikan /rehabilitasi) . Bila di lihat dari definisi  mitigasi berarti kegiatan yang dilakukan sebelum terjadinya bencana terjadi, untuk mencegah atau mengurangi dampak resiko bencana. Kegiatan bersifat preventif masuk katagori pertama ( mitigasi ) sementara kuratif ( penyembuhan ) masuk katagori ke empat kegiatan pasca bencana.
Dengan berkegiatan lintas Agama  berserta aktifis pemerhati lingungan ini, harapan kita semua pantai Meleman  akan nampak hijau asri alami pantai pasir tetep menjadi resapan air laut dan penahan bencana Tsunami warga masyarakat dusun Meleman Desa Wot galih Yosowilangun Lumajang. (Bb H)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger