Home » » Dinas Damkar

Dinas Damkar

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Sabtu, 12 Maret 2016 | 22.24

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Cibodas Gelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan

Tangerang, AWDI News - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Cibodas Kota Tangerang,disela-sela rutinitasnya dalam bertugas mencegah dan menanggulangi terjadinya bencana kebakaran atau bencana lainnya.

Dari pantauan AWDI News,nampak Ahmad Yani (45) Kepala Unit Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Cibodas pada Jum'at (11/3/16) menggelar Apel sore untuk mengarahkan para anggotanya guna kesiapsiagaan menjelang malam hari tiba.

dihalaman kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) tersebut,didepan barisan rapih para anggotanya, Ahmad Yani mulai menerangkan serangkaian arahan untuk menambah kemampuan tugas dan mental para anggotanya tersebut.

seusai Apel sore,ditanya soal suka dan duka menjadi seorang petugas Damkar,Kepala Unit Damkar Kecamatan Cibodas Kota Tangerang Ahmad Yani menceritakan sukanya sebagai bagian dari petugas Damkar,bahwa dirinya beserta rekan-rekan yang bertugas,merasa senang menjadi bagian dari yang bisa melayani masyarakat,dan menolong orang yang sedang membutuhkan pertolongan.

"bicara sukanya,kami disini merasa senang bisa melayani masyarakat, apa lagi yang sedang membutuhkan pertolongan dan memang tugas kami seperti ini adanya,mengatasi dan mengevakuasi,bilamana ada terjadi kebakaran ataupun bencana." ujarnya.

ditanya dukanya,Ahmad Yani pun mengutarakan,bahwasanya sering kali tugas mereka pun belum mendapat respon baik dari masyarakat,seperti halnya himbauan agar masyarakat minimal memiliki alat Proteksi kebakaran sendiri,untuk meminimalisir terjadinya potensi kebakaran,ditiap rumah atau tempat yang Notabenenya rawan terjadi kebakaran,seperti dipemukiman padat penduduk,rumah dua lantai,apartemen,hotel,perumahan,pabrik dll,juga himbauan terhadap apa yang harus diantisipasi jika terjadi bencana kebakaran dan bencana alam,itu pun masih kurang mendapat perhatian dari masyarakat.

"kalau dukanya,paling kalau kami menghimbau warga untuk mempersiapka alat proteksi kebakaran,guna mengantisipasi bahaya kebakaran sejak dini,agar tidak berpotensi menjadi besar terkadang tidak diindahkan,belum lagi himbauan untuk bencana alam suka jarang ditanggapi,dan himbauan untuk membuat tangga darurat bagi yang rumah atau tempatnya berlantai dua atau lebih,padahal itukan untuk keselamatan mereka sendiri." tuturnya.

ditanya tentang apakah ada biaya yang di bebankan kepada masyatakat kecil,yang mengalami musibah kebakaran atau pun bencana lainya,Ahmad Yani menjelaskan. "sejauh ini tidak ada biaya untuk proses pelayanan kepada masyarakat khusnya pada pelayanan Damkar,namun kami menarik retribusi untuk menunjang biaya oprasional,kepada pihak-pihak yang memang seharusnya mempunyai kontribusinya terhadap kami,tapi upaya yang kami lakukan seringkali terhalang,oleh karna pihak tersebut tidak mau membantu memberikan kontribusinya kepada kami dengan alasan yang beragam,padahal inikan demi kebaikan kita semua." tandasnya.

untuk diketahui, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berada Kecamatan Cibodas tersebut,sedianya bertugas meliputi cakupan Empat wilayah Kecamatan lainnya yaitu.Kecamatan Tangerang,Karawaci,Jatiuwung dan Kecamatan Cibodas sendiri.

mengingat wilayah cakupannya yang begitu luas dan jarak tempuh yang lumayan jauh, dalam bentuk tanggung jawab dan tugas mereka,tidak ada salahnya bahwa apa yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Damkar tersebut,patutlah diapresiasikan oleh kita semua.

berkaitan dengan hal itupula,Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berada wilayah Kecamatan Cibodas tepatnya di Jalan Merak Raya No 2 samping Kelurahan Nusajaya dengan Nomor Telepon 02155732113 tersebut,sedianya dipersiagakan 24 jam dengan 3 kompi yang ada didalamnya,dengan masing-masing kompi beranggotakan 13 personil yang bergantian shif tiap harinya,dan selalu siap sedia mengemban tugas yang diamanatkan kepada mereka untuk melayani masyarakat. (Kosasih)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger