Home » , , » Dinas PUPR

Dinas PUPR

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Selasa, 13 Oktober 2020 | 11.17

Dinas PUPR Kota Tangerang Siagakan Pompa Air Antisipasi Banjir

Tangerang, Awdionline.com - Prakiraan potensi hujan pada Oktober 2020 hingga Desember 2020 yang diselenggarakan oleh BMKG Wilayah II, meliputi wilayah Provinsi Banten dan DKI Jakarta bergerak dimulai dari wilayah Lebak ke wilayah Pandeglang kemudian bergerak ke wilayah Utara di bulan Desember di wilayah Serang, Cilegon, Tangerang dan DKI Jakarta, pada umumnya mundur dibandingkan normalnya dengan Sifat Normal dan Atas Normal.


Puncak musim hujan Tahun 2020/2021 diprakirakan akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2021. Kondisi tersebut didahului oleh musim Pancaroba (September – Nopember II) Musim Kemarau ke Musim Hujan dimana kerap terjadi Petir, Angin Kencang, curah hujan ekstrim dengan intensitas lebat selama 1 s/d 3 jam.

Menindaklanjuti hal ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang telah membentuk tim Siaga Banjir yang berada dibawah koordinasi Bidang Operasi dan Pemeliharaan, yang meliputi Operasi dan Pemeliharaan Drainase (OP Drainase), Operasi dan Pemeliharaan Jalan (OP Jalan) dan Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (OP SDA) dengan jumlah total personil sebanyak 709 orang.

Seksi OP Drainase menangani genangan-genangan di perumahan dan pemukiman, OP Jalan menanggulangi genangan-genangan pada jalan Kota dan jalan lingkungan. OP SDA  melakukan siaga dengan pompa-pompa banjir di perumahan dan menanggulangi turap atau tanggul sungai yang rusak. Keseluruhan tim tersebut dibagi dalam 3 (tiga) wilayah pekerjaan yakni Wilayah Timur, Tengah dan Barat yang selalu siaga saat pagi, siang dan malam hari.

Adapun sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan tersebut antara lain pompa banjir sejumlah 273 unit (104 pompa listrik, 8 unit pompa berjalan, 4 unit mobil pompa, 63 pompa diesel, dan 94 rumah pompa) yang disiagakan untuk skala perumahan dan skala kawasan.

Kita juga melakukan modifikasi beberapa pompa banjir sehingga kapasitasnya menjadi lebih besar lebih efektif dan efisien. (ADV/Red)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger