Home » » SEKOLAH LAPANG KONSERVASI TINDAK LANJUT

SEKOLAH LAPANG KONSERVASI TINDAK LANJUT

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 15.43

Banyuwangi, AWDI ONLINE - Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Banyuwangi, mengadakan Konservasi tanah adalah setiap usaha penggunaan tanah yang disesuaikan dengan kemampuan tanahnya dan disertai dengan usaha-usaha pencegahan kerusakan tanah, sehingga tanah dapat dipergunakan secara lestari (terus menerus) dengan tingkat produktivitas yang baik,10/10/2013. 

Salah satu penyebab kerusakan tanah yaitu adanya erosi yang disebabkan oleh air hujan. Erosi biasanya terjadi pada lahan-lahan miring, yang dipakai sebagai usaha pertanianTanah yang mengalami erosi menyebabkan hal-hal sbb,Penurunan produktivitas lahan,Kehilangan unsur hara yang diperlukan tanaman,Penurunan kualitas tanaman yang dihasilkan,Penurunan laju masuknya air ke dalam tanah (infiltrasi),Penurunan kemampuan tanah menahan air.

Dengan demikian konservasi tanah dilakukan untuk mencegah atau meminimalkan erosi yaitu dengan mengendalikan air hujan yang jatuh ke permukaan tanah, sehingga tidak berakibat menimbulkan kerusakan tanah. Pada hari Rabu, 9 Oktober 2013 telah diadakan tindak lanjut SL Konservasi kegiatatan APBD Provinsi Jawa Timur Pada Kelompok Tani Sari Tani Makmur Kelurahan Kalipuro Kec. Kalipuro. pada acara tersebut Kepala Seksi Perlindungan dan Bina Usaha Perkebunan menjelaskan beberapa cara Konservasi tanah antara lain:
Cara Vegetatif yaitu tindakan konservasi tanah yang dilakukan dengan cara penanaman tanaman / vegetasi. Contoh : Penanaman tanaman perkebunan, penanaman tanaman penutup tanah. Adapun fungsi vegetasi, sbb, Tajuknya mampu melindungi permukaan tanah dari daya perusak butir-butir hujan yang jatuh,Tegakkan batangnya dapat menghambat aliran air di permukaan tanah, sehingga permukaan tanah terlindung dari pengikisan air hujan,Perakarannya akan membantu memperbesar penyerapan dan penahanan air oleh tanah, sehingga air lebih banyak disimpan dalam tanah.

Cara mekanik yaitu tindakan konservasi tanah yang dilakukan dengan cara perlakuan fisik mekanis yang diterapkan pada tanah,  untuk meningkatkan kemampuan penggunaan tanah, serta mengurangi aliran permukaan yang berpotensi menimbulkan  erosi. Contoh : Pembuatan teras. Perlakuan fisik mekanis terhadap tanah, berfungsi sbb ,Memperlambat laju aliran permukaan,Menampung dan menyalurkan aliran permukaan, sehingga kekuatannya tidak merusak.Memperbaiki dan memperbesar penyerapam air ke dalam tanah dan memperbaiki aerasi tanah.Menyediakan air bagi tanaman. (din AWDI)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger